Tjahjo-Kumolo-1
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

harianpijar.com, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memuji sikap Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang meminta masyarakat memberi kesempatan kerja kepada Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) untuk bekerja di periode kedua.

Diketahui sebelumnya, Amien Rais sering mengkritik pemerintahan Jokowi. Namun, kemarin Amien Rais justru meminta masyarakat tidak terpecah belah dan memberi kesempatan kepada Jokowi bersama Ma’ruf Amin memimpin pemerintahan dalam lima tahun ke depan.

Atas dasar itu, Tjahjo Kumolo menilai sudah seharusnya Amien Rais selaku tokoh reformis berpendapat demikian.

Baca juga:   NasDem: Kursi Menteri Dipastikan Hanya untuk Partai Pengusung Jokowi

“Tokoh masyarakat, beliau tokoh reformis, mantan Ketua MPR, ya harusnya begitu statement-nya,” kata Tjahjo Kumolo saat dikonfirmasi, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa, 16 Juli 2019.

Selain itu, Tjahjo Kumolo juga memuji kebesaran hati Amien Rais yang selama Pemilu 2019 berada di kubu oposisi. Bahkan, menurutnya, Amien Rais telah menghargai proses demokrasi atas kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

“Harusnya begitu dong, menghargai proses demokrasi yang baik,” ujar Tjahjo Kumolo.

Sebelumnya, Amien Rais menyatakan mendukung rekonsiliasi usai Pilpres 2019. Namun, dirinya mengingatkan rekonsiliasi tak berujung pada bagi-bagi kursi.

Baca juga:   Terkait Kasus Korupsi e-KTP, Mendagri: Diminta Jajarannya Kooperatif Kepada KPK

Amien Rais juga menegaskan, demi demokrasi harus ada pihak oposisi. Bahkan, dirinya mengajak masyarakat untuk mengawasi kinerja pemerintahan periode kedua Jokowi sembari memberi kesempatan bekerja.

“Sebaiknya teruskan merajut merah putih, jangan sampai pecah, tetapi soal kekuasaan berikan kesempatan yang utuh ke Jokowi dan Ma’ruf Amin dengan menterinya nanti lima tahun, kita awasi,” kata Amien Rais di Kantor DPP PAN, Jakarta, kemarin. (elz/cnn)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of