Amien Rais Nilai Jokowi Sosok yang Paham Demokrasi

Amien-Rais
Amien Rais. (foto: detik/Lamhot Aritonang)

harianpijar.com, JAKARTA – Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai sosok yang mengerti demokrasi. Pasalnya, saat menyampaikan pidato politik di Sentul, Jawa Barat, Minggu, 14 Juli 2019, Jokowi mengungkapkan tentang pentingnya oposisi di sistem demokrasi.

“Pak Jokowi itu mudeng (paham-red) demokrasi,” ujar Amien Rais di Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin, 15 Juli 2019.

Amien Rais pun lalu menyinggung pihak-pihak yang bermanuver untuk masuk ke koalisi pemerintahan. Dirinya menganggap lucu pihak yang mau masuk barisan pemerintahan, padahal tidak ditawari Jokowi.

Baca juga:   Gerindra Tak Ingin Dikaitkan dengan Kegiatan Permadi Soal Pelengseran Jokowi

“Buat apa, yang lucu, enggak ditawarin Pak Jokowi tetapi ada yang minta-minta. Itu kan aib,” sebutnya.

Terkait arah politik PAN, Amien Rais menjawab dengan tegas. Dirinya meminta PAN tidak masuk barisan pendukung pemerintah.

“Jangan sampai bergabung,” kata Amien Rais.

Sebagaimana diketahui, Jokowi menyampaikan pidato politik perdana sejak ditetapkan menjadi pemenang Pilpres 2019, di Sentul International Convention Center (ISCC), Bogor, Jawa Barat.

Baca juga:   Gelar Pertemuan Tertutup, Permadi Ungkap Soal Pelengseran Jokowi Sebelum Pelantikan

Dalam pidatonya, Jokowi menyinggung opsi politik menjadi oposisi adalah pilihan yang mulia. Dirinya juga menyadari bahwa totalitas dalam mendukung seseorang dalam demokrasi adalah suatu hal yang wajar.

“Dalam demokrasi, mendukung mati-matian seorang kandidat itu boleh. Mendukung dengan militansi yang tinggi itu juga boleh. Menjadi oposisi itu juga sangat mulia. Silakan,” ujar Jokowi. (elz/jpn)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar