Sebagian Besar Kader Setuju, Bara Hasibuan Yakin PAN Akan Gabung ke Jokowi

Bara-Hasibuan
Bara Hasibuan. (foto: era/Mery)

harianpijar.com, JAKARTA – Waketum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan mengatakan sebagian besar kader partainya memilih untuk merapat ke kubu pemerintah. Dirinya yakin PAN bakal merapat ke koalisi Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Menurut Bara Hasibuan, sebagian besar pengurus provinsi sudah dipanggil untuk berdiskusi dengan ketua umum dalam rangka menentukan langkah PAN selanjutnya. Dirinya menyebut para pengurus provinsi wilayah juga mendukung apa pun langkah yang akan diambil oleh ketua umum.

“Bahkan kalau memang nantinya kita memutuskan untuk bergabung dengan pemerintahan Pak Jokowi mereka juga mendukung,” ujar Bara Hasibuan saat dikonfirmasi.

Bara Hasibuan merasa yakin, dengan hasil pertemuan bersama pengurus wilayah, PAN lebih condong untuk merapat ke koalisi Jokowi. Dirinya bahkan menyebut bergabungnya PAN ke kubu Jokowi bukan spekulasi maupun asumsi, melainkan berdasarkan data yang diperoleh.

Baca juga:   Mardani: PKS Berharap Tidak Sendiri Jadi Oposisi Jokowi-Ma'ruf Amin

“Kenyataan bahwa memang waktu mereka berdiskusi dengan ketua umum mereka menyatakan kesetujuannya atau setidaknya mereka tidak menolak gitu dengan ide untuk bergabung pemerintahan Jokowi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakan Bara Hasibuan, sampai saat ini tidak ada pernyataan keras dari daerah yang menentang ide bergabung ke koalisi Jokowi. Menurutnya, setidaknya 30 DPW setuju agar PAN merapat ke Jokowi.

“Hampir semuanya setuju begitu ya. Jadi elitis mereka mendukung ketua umum untuk mengambil langkah selanjutnya. Dan kalau memang nanti melalui rakernas kita memang memutuskan untuk bergabung dengan pemerintahan Jokowi, mereka bisa menerima,” tukas¬†Bara Hasibuan.

Sebelumnya, politikus senior PAN Amien Rais sempat menanggapi ramainya kontroversi PAN bergabung atau tidak dengan Koalisi Indonesa Kerja (KIK). Secara tegas Amien Rais meminta agar PAN tidak bergabung dengan KIK.

Baca juga:   Pakar: Pidato Presiden Jokowi di HUT ke-8 NasDem, Eratkan Kembali Koalisi

Nasihat itu disampaikan Amien Rais dalam bentuk video di akun Instagram-nya, @amienraisofficial.

“Saudara-saudaraku para kader dan pemilih PAN se-Indonesia yang saya cintai. Dengarkanlah nasihat saya, jangan kita rabun ayam. Hanya karena satu kursi kemudian kita bergabung,” kata Amien Rais.

Dalam video itu Amien Rais juga mengingatkan bagaimana nanti hampir 10 juta pemilih PAN akan mempertanyakan sikap itu.

“Tolong teman-teman DPP PAN jangan mengumbar semau-maunya,” tuturnya.

Amien Rais mengatakan pemilih PAN adalah grassroot dari ranting, cabang, yang tidak boleh dikesampingkan semacam itu.

“Saudara-saudaraku mari kita berpikir. Nanti kita bicarakan secara kesatria, secara apa adanya,” pungkas Amien Rais. (elz/rep)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar