Ingin Kubu 02 Tetap Jadi Oposisi, Amien Rais: Kalau Gabung Jokowi, Game is Over!

Amien-Rais
Amien Rais. (foto: detik/Lamhot Aritonang)

harianpijar.com, SLEMAN – Politikus senior PAN Amien Rais menginginkan partai politik di koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tetap berada di kubu oposisi. Dirinya menyebut jika koalisi 02 bergabung ke pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), itu pertanda matinya demokrasi.

“Kalau pada bergabung, nanti tak ada lagi yang mengawasi, nanti suara DPR sama dengan suara eksekutif, itu pertanda lonceng kematian demokrasi, di mana-mana seperti itu,” ujar Amien Rais kepada awak media di kediamannya di Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu, 13 Juli 2019.

Baca juga:   PAN Usul Pimpinan MPR Jadi 10, Fadli Zon: Kalau Disepakati Bersama, Why Not?

Amien Rais mengatakan, pada prinsipnya, sebaiknya koalisi 02 tetap berada di luar pemerintahan. Dirinya menilai hal itu lebih terhormat.

“Memang kita di luar, sangat indah kalau kubu Prabowo itu di luar. Ini juga terhormat untuk mengawasi lima tahun mendatang,” tuturnya.

Baca juga:   Jokowi: Pemerintah Tak Perpanjang Izin FPI Jika Mengancam Ideologi Negara

Menurut Amien Rais, jika tidak ada kubu oposisi, maka demokrasi mengalami musibah paling berat dan tidak bisa bangkit kembali.

“Jika parlemen sudah jadi jubirnya eksekutif, maka demokrasi mengalami musibah yang paling berat dan tidak bisa bangkit kembali. Kalau kedua kekuatan, eksekutif-legislatif jadi satu, apalagi jika yudikatif mengamini, game is over!” kata Amien Rais. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar