Minta Dipulangkan, Moeldoko: Pemerintah Tak Pernah Ngusir, Rizieq Shihab Pergi Sendiri

Moeldoko
Moeldoko.

harianpijar.com, JAKARTA – Terkait pemulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai syarat rekonsiliasi yang diajukan kubu Prabowo Subianto, menuai reaksi dari kubu Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Menurut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, pemerintah tidak pernah mengusir Rizieq Shihab melainkan dirinya yang memilih mengungsi ke Arab Saudi.

“Siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan pergi sendiri, kok minta dipulangin. Memangnya kita ngusir? Kan tidak. Ya pulang sendiri saja. kalau gak beli tiket, baru gue beliin” kata Moeldoko sembari tersenyum saat dikonfirmasi, di Kompleks Istana Bogor, Selasa, 9 Juli 2019.

Baca juga:   Istana Soal Perppu KPK: Presiden Sedang Pertimbangkan

Lebih lanjut, ditegaskan Moeldoko, pemerintah sulit menerima syarat yang diajukan kubu Prabowo. Pasalnya, prinsip rekonsiliasi harus berpijak pada kepentingan bangsa dan negara, bukan kelompok semata. Karena itu, urusan penegakan hukum, tegasnya, merupakan wilayah yang tidak boleh dicampuri pemerintah.

“(Soal hukum), saya tidak tepat bicara itu, mungkin ke Kapolri,” tegas Moeldoko yang juga mantan Panglima TNI itu.

Baca juga:   Nilai Wajar, Gerindra Dukung Jokowi Bangun Istana Presiden di Papua

Sementara sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani tak membantah salah satu syarat rekonsiliasi ialah pembebasan sejumlah pendukung Prabowo Subianto yang terjerat kasus hukum, termasuk Rizieq Shihab.

Sedangkan, Rizieq Shihab diketahui meninggalkan Indonesia setelah tersandung kasus dugaan pornografi pada akhir April 2017. Disarankan Moeldoko, agar Rizieq Shihab berinisiatif kembali ke Tanah Air. (elz/med)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar