Jimly: Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Alamiah Saja, Tak Perlu Dipaksakan

Jimly-Asshiddiqie
Jimly Asshiddiqie. (foto: liputan6/Johan Tallo)

harianpijar.com, JAKARTA – Ikatan Cendiakiawan Muslim Indonesia (ICMI) menilai rekonsiliasi antara Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto tidak perlu diburu-buru. Rekonsiliasi itu disebut harus dilakukan secara alamiah.

“Saya rasa untuk rekonsiliasi itu alamiah saja, kita harus mengelola endak usah dipaksakan toh semua sudah menerima hasil pemilihan umum, putusan sudah final dan mengikat,” ujar Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie dalam sambutan di acara halalbihalal ICMI, Jumat, 5 Juli 2019.

Jimly Asshiddiqie mengatakan, sebelum melakukan rekonsiliasi, yang terpenting adalah para pendukung dari masing-masing kubu harus dipersiapkan. Jika diburu-buru, maka akan mengecewakan para pendukung terutama pendukung Prabowo Subianto, yakni emak-emak.

Baca juga:   Rencana Kunjungan Prabowo Dikritik, Golkar: Pemerintah AS Tak Sembarangan Undang Seseorang

“Jadi kalau misalnya Prabowo terlalu cepet ketemu, itu kan mungkin menyakitkan bagi ibu itu. Nah, ibu itu hanya simbol itu kan mewakili banyak orang karena jumlah orang yang ingin ganti presiden banyak banget. Cuma mereka harus menghargai juga yang ingin presidennya terus,” ungkapnya.

Jimly Asshiddiqie juga menjelaskan rekonsiliasi adalah sikap yang baik. Tetapi, saat ini yang jauh lebih penting adalah bagaimana mengelola perbedaan untuk lima tahun kedepan. Dirinya menyebut jangan sampai adanya kecenderungan monolitik, ketika semuanya akan ikut ke dalam koalisi pemenang.

Baca juga:   Said Aqil: Jokowi-Ma'ruf Amin Diyakini Mampu Selesaikan Masalah Bangsa

Selain itu, Jimly Asshiddiqie juga mengingatkan bagi kaum cendekiawan untuk tidak ikut larut dalam konflik tetapi harus menenangkan dan tidak memaki di dalam konflik.

Jimly Asshiddiqie mengatakan tantangan terbesar adalah potensi konflik yang terjadi  setelah pemilu ini. Karena itu, dirinya berharap adanya strategi baru mengenai kerukunan antarumat beragama.

“Karena dampak dari pilpres kemarin tuh kelihatan, pembelahannya itu berdasarkan agama, itu enggak sehat. Jadi kita harus ke depan itu merajut ulang ya hubungan antarumat beragama,” kata Jimly Asshiddiqie. (elz/cnn)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar