Amien-Rais
Amien Rais.

harianpijar.com, JAKARTA – Sekjen PAN Eddy Soeparno menanggapi pernyataan politikus senior PAN Amien Rais yang meminta DPP PAN agar tidak keliru mengambil keputusan hanya demi mendapat satu kursi jabatan di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Eddy Soeparno menegaskan sikap politik PAN sejak dipimpin oleh Zulkifli Hasan pada 2015 lalu adalah mendukung pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla (JK), terutama terkait program pembangunan ekonomi dan kesejahteraan.

Menurut Eddy Soeparno, PAN di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan tidak mendukung pemerintah bila menemukan program-program yang tidak tidak pas. Dirinya menyebut hal itu selalu disampaikan dengan cara yang bermartabat.

“Sikap politik PAN dari 2015 sejak Zulkifli Hasan, kami mendukung pemerintah untuk terutama terkait program pembangunan ekonomi,” kata Eddy Soeparno kepada CNN Indonesia, Sabtu, 6 Juli 2019.

Meski demikian, Eddy Soeparno meluruskan Amien Rais dengan menyebut bahwa PAN belum bicara soal arah politik partai di periode kedua pemerintahan Jokowi.

Baca juga:   Atas Capaian PDIP, Presiden Jokowi Sampaikan Selamat kepada Megawati

Eddy Soeparno menyatakan PAN belum mengambil posisi untuk menjadi oposisi atau bergabung dengan partai politik pendukung pemerintah di tahun 2019-2024.

“Kami belum bicara soal tawaran karena belum ada, tapi saya merasa saat ini kami lebih baik berpikir tentang sikap politik dari pada arah politik apakah mau oposisi atau koalisi, itu ada waktu menentukannya,” terangnya.

Namun, Eddy Soeparno mengaku pihaknya menghormati permintaan Amien Rais tersebut. Menurutnya, apa yang disampaikan Amien Rais merupakan kritik yang membangun.

“Apa yang disampaikan Amien adalah nasihat yang konstruktif untuk kami semua, tentu kami akan hormati,” ujar Eddy Soeparno.

Sebelumnya, Amien Rais meminta DPP PAN agar tidak keliru mengambil keputusan hanya demi mendapat satu kursi jabatan di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Menurutnya, keputusan menjadi oposisi atau berkoalisi jangan terburu-buru diputuskan.

Baca juga:   Soal 17 Juta DPT Fiktif, Yusril: Kami Nilai Agus Maksum Tidak Menerangkan Apa-Apa

Hal itu disampaikan Amien Rais menanggapi informasi yang berkembang terkait peluang PAN bergabung dengan pemerintah.

“Dengarkanlah nasihat saya. Jangan kita rabun ayam hanya karena satu kursi kemudian kita bergabung,” kata Amien Rais dalam video yang diunggah di akun Instagram @amienraisofficial, kemarin.

Amien Rais pun lalu mengingatkan bahwa pemilih PAN pada Pemilu 2019 begitu besar. Hasil rekapitulasi KPU tingkat nasional menyatakan PAN memperoleh 6,84 persen atau sekitar 9,5 juta suara nasional.

Di sisi lain, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi mengklaim 30 dari 34 pengurus DPW PAN se-Indonesia menginginkan partai bergabung ke koalisi Jokowi usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK). (nuch/cnn)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of