Tahu Diri, PSI Tak Akan Ajukan Nama Menteri ke Jokowi

Raja-Juli-Antoni
Sekjen DPP PSI Raja Juli Antoni. (foto: dok. PSI)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyadari posisinya yang tidak meloloskan kader ke parlemen. Karena itu, PSI mengaku tidak akan mengajukan nama calon menteri untuk kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

“Dalam konteks PSI, kami cukup tahu diri bahwa kami tidak punya kekuatan politik di parlemen. Oleh karena itu kami tidak akan mengajukan nama menteri kepada Pak Jokowi,” ujar Sekjen PSI Raja Juli Antoni melalui pesan singkat, Jumat, 5 Juli 2019 malam.

Baca juga:   Bahas 6 laskar FPI, Amien Rais Imbau Jokowi Buka Pintu Istana untuk TP3

Raja Juli Antoni mengatakan PSI menyerahkan sepenuhnya pemilihan menteri kepada Jokowi. Dirinya menyebut urusan menteri merupakan hak prerogratif Presiden Jokowi.

“Pembentukan kabinet adalah hak prerogatif presiden. Kami hormati Pak Presiden terpilih mempergunakan otoritasnya secara maksimal untuk memilih pembantu terbaiknya,” kata Raja Juli Antoni.

Sebelumnya, Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin mengatakan kabinet baru akan dibahas pada pertengahan Juli. Namun, dirinya mengaku belum mengetahui siapa saja yang akan ditunjuk Jokowi.

Baca juga:   Soal Sandiaga Capres 2024, Fadli Zon: Masih Prematur

“Beliau (Jokowi) juga bilang Juli baru nanti ada pembicaraan-pembicaraan. Yang pasti kan tentu ada dari pihak partai koalisi, dari profesional, kira-kira begitu. Jumlahnya belum, apalagi orangnya. Orangnya tambah belum,” ujar Ma’ruf Amin, kemarin.

Ma’ruf Amin juga memastikan partai pendukung akan mendapat jatah di kabinet Jokowi. Tetapi, dirinya tidak bisa memastikan jumlah kursi menteri bagi partai pendukung.

“Kalau partai pastilah. Namanya partai pendukung. Tapi jumlahnya berapa itu belum,” ungkapnya. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar