Saksi Ahli Jokowi-Ma’ruf Amin: Kecurangan TSM Terbukti Jika Terjadi di Lebih dari 400 Ribu TPS

Edward-Omar-Sharif-Hiariej
Edward Omar Sharif Hiariej.

harianpijar.com, JAKARTA – Sebagai saksi ahli tim hukum Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Edward Omar Sharif Hiariej dalam persidangan ke-5 sengketa pilpres yang digelar di Mahkamah Konstitusi (MK) menilai yang dimaksud dengan pelanggaran bersifat terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) apabila memiliki dampak yang sangat luas terhadap hasil pemilihan.

Edward mengatakan, secara kuantitatif, bahwa suatu pelanggaran bersifat TSM apabila terjadi pelanggaran di 50% plus 1 tempat pemungutan suara (TPS).

“Kalau ada 800 ribu TPS, ada 400 ribu+1 TPS yang kira-kira begitu (TSM),” kata Edward Omar Sharif Hiariej di dalam persidangan pada Jumat, 21 Juni 2019.

Baca juga:   Bara Nilai Rekonsiliasi Bisa Terwujud Jika Ada Kebesaran Hati dari Pihak yang Kalah

Edward yang juga merupakan Guru Besar Fakultas Hukum UGM tersebut menegaskan, suatu kecurangan pasti terealisasi karena ada niat. Atas tuduhan tersebut, pemohon pun harus dapat membuktikannya.

“Kecurangan itu pasti by intention, tidak mungkin karena kealpaan. Sehingga niat memang harus dibuktikan,” tegasnya.

Lebih lanjut, dikatakan Edward, TSM merupakan satu kesatuan yang saling terkait, sehingga sudah tentu menimbulkan dampak yang sangat luas.

Baca juga:   AM Hendropriyono: Kekuatan 02 Sudah Ompong yang Tersisa Barisan Sakit Hati

“Dan bahwa terstruktur, sistematis, dan masif adalah satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan. Oleh karena itu berbicara TSM harus menimbulkan dampak masif, antara TSM ini harus ada hubungan kausalitas,” ujar Edward.

Karena itu, atas dasar itu Edward menilai untuk dapat membuktikan pelanggaran disebut TSM harus dilakukan secara mendetil yang sifatnya postfactum. Di mana antara motivasi, perbuatan, dan akibat sama-sama mewujud.

“Makanya pembuktiannya bukan abal-abal, sangat rumit,” tandas Edward Omar Sharif Hiariej. (elz/med)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar