Tim Prabowo-Sandi Tuding Jokowi Manfaatkan BUMN, Bawaslu: Tak Ada Laporan

Abhan
Ketua Bawaslu Abhan di sidang MK. (foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

harianpijar.com, JAKARTA – Tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menuding capres petahana Joko Widodo (Jokowi) melakukan penyalahgunaan birokrasi dan BUMN. Terkait hal itu, selaku pengawas pemilu, Bawaslu memastikan tak ada laporan atas tudingan yang dimaksud.

Diketahui ada tiga kegiatan yang dipermasalahkan kubu Prabowo-Sandi, adalah sebagai berikut:

1. Jokowi mendapatkan dukungan dalam acara silaturahmi Nasional Kepala Desa di Stadion Tennis Indoor Jakarta,
2. Pameran Mobil jadi Kampanye Tagar #Jokowi2Periode
3. Menteri Perindustrian dalam acara Penyaluran CSR PT Surveyor Indonesia mengajak ibu ibu yang hadir dalam acara tersebut untuk meneriakkan Jokowi Presiden.

Baca juga:   Demokrat: SBY Tak Pernah Titip atau Usulkan Moeldoko Jadi Kepala KSP ke Jokowi

“Dapat diterangkan bahwa ketiga kegiatan tersebut pada dasarnya tidak ada surat pemberitahuan sebagai kegiatan kampanye yang disampaikan kepada pengawas Pemilu tingkat Provinsi, pengawas Pemilu tingkat Kab/Kota, dan pengawas Pemilu tingkat Kecamatan. Selain itu, tidak ada laporan berkaitan dugaan pelanggaran Pemilu yang disampaikan oleh peserta Pemilu, pemantau Pemilu, dan masyarakat umum kepada pengawas Pemilu tingkat Provinsi, pengawas Pemilu tingkat Kab/Kota, pengawas Pemilu tingkat Kecamatan,” ujar Ketua Bawaslu Abhan dalam sidang lanjutan gugatan Pilpres di gedung MK, Selasa, 18 Juni 2019.

Baca juga:   Dedi Prasetyo: Polri Periksa 41 Tersangka 22 Mei yang Diduga Terafiliasi ISIS

Sedangkan soal pernyataan Mendagri Tjahjo Kumolo yang meminta masyarakat untuk menyampaikan keberhasilan pembangunan era Jokowi, Bawaslu mengaku sudah mendapat laporan.

Namun, pelapor seolah tidak niat karena saat dimintai perbaikan tak ada tindak lanjut dalam proses laporannya.

“Bahwa hingga batas waktu yang ditentukan yakni tanggal 12 Maret 2019, pelapor tidak juga memperbaiki dan melengkapi laporannya, sehingga laporan tersebut dinyatakan tidak diregister,” kata Abhan. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar