PKB Dukung Penuh Langkah Polisi Ungkap Dalang Kerusuhan 21-22 Mei

Hanif-Dhakiri
Muhammad Hanif Dhakiri.

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak akan memberi ruang bagi siapa pun yang terlibat pada kerusuhan 21 dan 22 Mei. PKB juga mendukung penuh langkah pihak kepolisian untuk mengungkap siapa dalang kerusuhan tersebut dan percaya dalang tersebut akan segera ditangkap.

“Dengan profesionalisme serta bukti-bukti permulaan yang cukup, tidak terlalu sulit bagi Polri untuk mengungkap dalang kerusuhan Jakarta,” ujar Sekjen PKB Muhammad Hanif Dhakiri dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 23 Mei 2019.

Baca juga:   Soal Diksi 'Tsaurah' FPI, Karding: Perlu Diklarifikasi agar Tak Salah Paham

Apalagi, dikatakan Hanif Dhakiri, Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal telah menyampaikan, dari pengamatan lapangan, informasi serta barang bukti yang ada, polisi menyimpulkan bahwa kerusuhan yang terjadi bukanlah kerusuhan yang tiba-tiba, tapi by design.

“Semua pihak harus mendukung langkah Polri mengusut dalang kerusuhan Jakarta,” tegasnya.

Menurut Hanif Dhakiri, pengungkapan aktor intelektual kerusuhan menjadi penting guna mengetahui aktor yang terlibat, penyandang dananya, serta motif yang melatarbelakangi.

“Kami yakin polisi tak hanya menangkap pelaku lapangan, tapi sampai ke dalangnya,” sebutnya.

Baca juga:   Karding: Jumlah Menteri untuk Partai Politik Belum Ditentukan

Selain itu, Hanif Dhakiri juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas soliditas Polri dan TNI dalam menangani aksi kerusuhan. Polri dan TNI telah bertindak profesional, sehingga aksi mudah redam dan terlokalisir hanya di beberapa titik.

Dirinya juga mengimbau masyarakat beraktivitas normal seperti biasa serta jangan mudah terprovokasi untuk mengikuti unjuk rasa dan kerusuhan yang bertujuan mendelegitimasi pemilu.

“Jika ada yang tidak puas dengan hasil pemilu, harus diselesaikan secara konstitusional melalui Mahkamah Konstitusi,” kata Hanif Dhakiri. (nuch/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini