Amien Rais Diagendakan Jadi Saksi Eggi Sudjana, PAN: Sarat Muatan Politik

Saleh-Partaonan-Daulay
Saleh Partaonan Daulay. (foto: screenshot YouTube)

harianpijar.com, JAKARTA – Pihak kepolisian mengagendakan pemanggilan politikus senior PAN Amien Rais untuk bersaksi di kasus Eggi Sudjana. Terkait hal itu, PAN menilai pemanggilan Amien Rais sarat muatan politik.

Wakil Sekjen PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan sebaiknya Amien Rais dipanggil sebagai narasumber untuk berbicara terkait nasionalisme, Pancasila NKRI, dan cinta tanah air atau soal penegakan keadilan dan kebenaran dalam perspektif agama dan konstitusi. Jika Amien Rais diundang untuk menjadi saksi Eggi Sudjana, menurutnya, itu sarat politik.

“Dalam banyak forum dan kajian, Pak Amien sering diminta untuk mengelaborasi topik-topik itu. Sepanjang yang saya tahu, sejak beliau mengajar di kampus, menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah, sampai menjadi politisi, tidak ada satu pun topik itu yang disampaikannya secara salah. Tidak ada juga orang yang menuduh beliau makar ketika membicarakan topik-topik seperti itu,” ujar Saleh Partaonan Daulay, Minggu, 19 Mei 2019.

Baca juga:   Polisi Tetapkan Cynthiara Alona Jadi Tersangka Kasus Dugaan Prostitusi Online

“Pemanggilan beliau sebagai saksi kelihatannya lebih sarat muatan politik daripada penegakan hukum. Karena sampai sejauh ini, untuk yang kesekian kalinya disampaikan bahwa beliau tidak melanggar dan melawan hukum. Beliau hanya ingin mengawal dan menyampaikan aspirasinya terkait hasil pemilu yang baru saja dilaksanakan,” imbuhnya.

Saleh Partaonan Daulay menuturkan menyampaikan pendapat dijamin undang-undang. Dirinya menegaskan hal itu berlaku juga untuk Amien Rais.

Baca juga:   Andre Rosiade Nilai Wajar Jika Gerindra Diajak Gabung Koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin

“Kalau menyampaikan pendapat itu kan dilindungi UU. Itu adalah bagian dari kebebasan berpendapat. Itu adalah hak asasi manusia yang diakui juga oleh dunia internasional,” kata Saleh Partaonan Daulay.

Sebagaimana diketahui, pemeriksaan terhadap Amien Rais dijadwalkan pada Senin, 20 Mei 2019, pukul 10.00 WIB besok. Amien Rais rencananya akan dimintai keterangan sebagai saksi dugaan makar Eggi Sudjana.

“Besok Senin (20 Mei 2019), Krimum Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan saksi Amien Rais,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar