Maruf-Amin
Ma'ruf Amin. (foto: detik/Lisye)

harianpijar.com, JAKARTA – Ustaz Haikal Hassan mengusulkan agar para tokoh dan ulama di forum Ijtimak Ulama III sowan ke cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin. Menanggapi hal itu, Ma’ruf Amin mengaku memperbolehkan para tokoh dan ulama tersebut sowan.

“Ya kalau mau datang sowan boleh aja, silakan,” kata Ma’ruf Amin setelah menghadiri buka puasa bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Mei 2019.

Usul sowan yang disampaikan Haikal Hassan bermaksud untuk berbicara tentang kecurangan pemilu. Ma’ruf Amin menilai, soal kecurangan pemilu harus diputuskan oleh pihak berwenang.

“Tapi kalau soal curang, siapa yang bilang curang kan mesti ada wasitnya dulu. Siapa yang bilang curang, wasitnya siapa?” sebutnya.

Ma’ruf Amin pun meminta para tokoh dan ulama menunjukkan bukti dugaan kecurangan jika ingin membahas dengan dirinya.

“Baru disampaikan ke saya. Kalau mau-maunya sendiri bagaimana?” imbuhnya.

Sebelumnya, Haikal Hassan mengusulkan para tokoh dan ulama di forum Ijtimak Ulama III sowan ke Ma’ruf Amin. Alasannya, untuk berbicara terkait dengan kecurangan di Pemilu 2019.

“Saya secara pribadi mengusulkan dengan kaidah-kaidah, dengan keilmuan, dengan segala macam kecurangan yang sudah ada dan bisa dibuktikan, apa iya seorang kiai yang memahami jahatnya sebuah kecurangan, kalau terbukti, apa iya seorang kiai yang memahami segala unsur fikih, syariah, ilmu agama, Alquran, hadis, setelah dibuktikan betul-betul ada kecurangan, masih mau memimpin dengan cara yang curang? Apa iya?” ujar Haikal Hassan di Hotel Lor In, Sentul, Bogor, Rabu, 1 Mei 2019. (nuch/det)

loading...