pasangan-capres-dan-cawapres
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

harianpijar.com, JAKARTA – Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei proyeksi Pilpres 2019. Survei tersebut mencatat, elektabilitas pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin berada pada angka 59,9 persen dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 40,1 persen.

“Hasil survei Indo Barometer menunjukkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin diprediksi memenangi pertarungan pada Pilpres 2019. Kemenangan itu terlihat dari selisih elektabilitas dan prediksi rentang suara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang lebih unggul daripada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Ini dengan asumsi golput merata dari kedua belah pihak,” ujar Indo Barometer dalam keterangan tertulis, Sabtu, 13 April 2019.

Survei tersebut dilakukan dalam rentang waktu 1-7 April 2019 dengan melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi. Margin of error survei ini kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden yang terlibat dalam survei ini adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.

Berdasarkan hasil survei tersebut terlihat selisih antara Jokowi-Ma’ruf Amin dengan Prabowo-Sandi sebesar 19,8 persen. Indo Barometer juga memaparkan tren hasil survei elektabilitas sejak Februari-April 2019.

Dari Februari-Maret 2019, suara Jokowi-Ma’ruf Amin turun 2,17 persen, sedangkan Prabowo-Sandi naik 2,17 persen.

Kemudian, dari survei Maret-April 2019, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin turun 1,4 persen dan Prabowo-Sandi naik 1,4 persen. (ilfan/det)

loading...