Prabowo-UAS
Ustaz Abdul Somad bertemu Prabowo Subianto. (foto: screenshot video YouTube Indonesia AdilMakmur)

harianpijar.com, JAKARTA – Pengamat yang juga Manajer Riset Lembaga Survei Konsep Indonesia (Konsepindo), Safraji menanggapi soal video dialog Ustaz Abdul Somad (UAS) dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang beredar.

Safraji menilai video itu sudah dipersiapkan oleh kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan tujuan mendongkrak suara menjelang pencoblosan.

“Itu sebagai suatu gerakan yang dipersiapkan dan merupakan upaya kubu Prabowo-Sandi untuk mendongkrak suara di hari-hari terakhir menjelang pencoblosan,” kata Safraji melalui rilisnya, Jumat, 12 April 2019.

Safraji menyebut upaya itu sebagai langkah wajar dalam pemilu, meski bukan sesuatu yang luar biasa. Untuk itu, perlu pengecekan dan membutuhkan waktu untuk membuktikan bahwa dialog itu akan menaikkan elektabilitas Prabowo Subianto.

“Tidak akan terlalu berpengaruh signifikan. Soalnya, UAS, walaupun pernah menyatakan netral, sesungguhnya jelas karakteristiknya banyak yang mirip dengan pendukung Prabowo,” ujar Safraji.

“Intinya, nggak aneh kalau UAS mendukung Prabowo-Sandi. Di awal atau di akhir sama saja, pendukung UAS bisa diprediksi juga pendukung Prabowo-Sandi,” imbuhnya.

Safraji mengatakan, jika tujuannya untuk mendongkrak elektabilitas, gerakan itu terlambat. Pasalnya, di sisa waktu yang tersisa, pemilih di kedua kubu sudah solid.

“Selisih kedua paslon di survei nasional Konsepindo adalah 20,7 persen, itu lebar sekali. Tidak bisa digebrak dalam satu-dua hari,” pungkas Safraji. (nuch/det)

loading...