Saut-Situmorang-1
Thony Saut Situmorang. (foto: dok. Liputan6)

harianpijar.com, JAKARTA – Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengusulkan uang pensiun untuk koruptor. Uang pensiun tersebut diberikan kepada koruptor yang benar-benar tobat.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengingatkan tentang tingkatan kejahatan korupsi. Dirinya menyebut korupsi merupakan kejahatan yang masuk dalam kategori extraordinary crime, sehingga tidak bisa hanya tangkap dan lepaskan atau dikenal dalam istilah hit and run.

Saut Situmorang pun lantas menyerukan tentang zero tolerance kepada tindak pidana korupsi.

“Korupsi itu kan kita harus zero tolerance. Zero tolerance itu artinya tidak ada kompromi dengan koruptor,” kata Saut Situmorang saat konferensi pers di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 8 April 2019.

Menurut Saut Situmorang, diperlukan inovasi yang lebih sustain dalam menindaklanjuti kasus korupsi. Dirinya menegaskan apabila negara ingin benar-benar bersih dari korupsi, perlu diterapkan zero tolerance untuk para koruptor. Tidak boleh ada toleransi untuk pejabat korup bahkan untuk satu dolar.

“Korupsi tuh dimulai dari satu rupiah, kamu melanggar lampu lalu lintas pun korupsi juga,” ujar Saut Situmorang soal usul Prabowo Subianto tentang uang pensiun untuk koruptor.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengusulkan uang pensiun untuk koruptor. Tujuannya, agar para koruptor ini tidak korupsi lagi.

Hal itu disampaikan Prabowo Subianto dalam kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu, 7 April 2019, kemarin.

“Kita akan panggil koruptor-koruptor itu kita kan minta mereka tobat dan sadar. Kembalikanlah uang yang kau curi, ya boleh kita sisihkan dikit, bolehlah,” kata Prabowo Subianto.

“Untuk dia pensiun? Berapa? Kita tinggalin berapa? 5 persen? 5 persen? 3 persen?” tanya Prabowo Subianto meminta pendapat para pendukungnya.

Meski demikian, tidak semua pendukungnya setuju dengan usulan Prabowo Subianto tentang dana pensiun untuk koruptor. (ilfan/mer)

loading...