kampanye-prabowo-sandi
Kampanye akbar Prabowo-Sandi di GBK. (foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

harianpijar.com, JAKARTA – Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut kampanye akbarnya di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta dihadiri oleh 1 juta orang lebih. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin menepis klaim tersebut.

“Jangan terlalu berlebihan untuk menghitung jumlah yang hadir. Kapasitas GBK itu tidak sampai 150.000 orang. Jangan ngaku-ngaku hingga satu juta,” ujar Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily kepada awak media, Minggu, 7 April 2019.

Menurut Ace Hasan Syadzily, kapasitas GBK setelah renovasi adalah 76.127 kursi. Jika lapangan rumput ditambah running track diisi manusia, dirinya menghitung berarti ada tambahan ruang 105 x 68 meter persegi, atau 7.140 meter persegi.

“Kalau 1 meter persegi bisa untuk 2 orang, berarti kapasitasnya jadi 15 ribu orang, plus running track 10 ribu orang. Artinya kapasitas full: 100.000 – 110.000 orang. Kepotong panggung, taruhlah 106.000. Melihat luar yang relatif kosong, taruhlah ada 10 ribu orang diluar. Total 116 ribu,” terang Ace Hasan Syadzily.

Sebelumnya, Prabowo Subianto berbicara soal jumlah peserta kampanye akbarnya di GBK, hari ini. Dirinya mengklaim ada lebih dari satu juta orang yang hadir.

“Panita, berapa yang sudah dihitung hadir di sekitar Senayan? Berapa?” tanya Prabowo Subianto ke panitia di panggung Kampanye Akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

“Satu juta lebih!” imbuhnya setelah mendapatkan jawaban dari panitia kampanye akbar.

Prabowo Subianto menyatakan orang-orang yang menjadi peserta kampanye ini tidak diberi uang. Bahkan sebaliknya, massa inilah yang memberi uang ke dirinya.

“Saudara-saudara dikasih uang nggak ke sini? Bagaimana satu juta orang mau dikasih uang? Bahkan tadi saya di mobil saya yang dikasih uang oleh rakyat,” pungkas Prabowo Subianto. (nuch/det)

loading...