hasto-kristiyanto
Hasto Kristiyanto. (foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

harianpijar.com, KUNINGAN – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menganggap pihak yang bakal mengerahkan people power tidak siap kalah dalam Pemilu 2019. Pasalnya, pihak tersebut tidak mau menempuh cara yang diatur undang-undang (UU).

“Mereka yang mengintimidasi, mereka yang akan mengerahkan people power. Itu karena tidak siap kalah dan tidak mau mengikuti mekanisme konstitusional,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kebun Raya Kuningan, Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat, Kamis, 4 April 2019.

Menurut Hasto Kristiyanto, pihak yang tidak siap kalah itu menggunakan cara berpikir yang kasar dengan cara menyalahkan KPU dan Bawaslu.

“Padahal memercik air di dulang terkena muka sendiri. Mereka yang bicara kasar, fitnah, hoaks, itu tidak disukai oleh rakyat yang berbudaya timur, ya kemudian jangan menyalahkan penyelenggara pemilu,” sebutnya.

Terlepas dari hal itu, Hasto Kristiyanto menuturkan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin selalu mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dan jangan sampai golput. Pemilu merupakan masa krusial dimana warga harus menggunakan hak pilihnya.

“Pak Jokowi, Bu Megawati juga selalu berkampanye ‘jangan golput’ di masa yang krusial. 5 Tahun negara hanya meminta kewajiban sekali selama di bawah 10 menit untuk menunaikan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Kita memiliki kewajiban konstitusional untuk memilih, sayang kalau tidak dipakai. Tidak perlu takut diintimidasi,” ujar Hasto Kristiyanto.

Sebagaimana diketahui, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sebelumnya sempat menyerukan akan menggunakan people power jika terjadi kecurangan di Pemilu 2019. Amien Rais lebih memilih people power darpada mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau nanti terjadi kecurangan, kita nggak akan ke MK. Nggak ada gunanya, tapi kita people power, people power sah,” kata Amien Rais di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 31 Maret 2019. (nuch/det)

loading...