Rommy
Rommy saat tiba di gedung KPK, Jakarta. (foto: detik/Ari Saputra)

harianpijar.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Ketum PPP Muhammad Romahurmuziy (Rommy) dalam sebuah kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) di Surabaya, Jawa Timur. KPK juga mengamankan uang ratusan juta rupiah dalam OTT tersebut.

“Uang yang diamankan seratusan juta (rupiah),” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Sabtu, 16 Maret 2019.

Menurut Febri Diansyah, uang ratusan juta rupiah itu di luar dugaan-penerimaan sebelumnya alias bukan pemberian pertama. Meski demikian, dirinya belum membeberkan secara detail jumlah uang yang diamankan tersebut.

“Ini di luar dugaan-penerimaan sebelumnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, KPK mengatakan ada enam orang yang terjaring dalam OTT di Jatim. Unsur yang terjaring OTT itu antara lain anggota DPR, swasta, dan pejabat Kementerian Agama (Kemenag) di daerah.

KPK menduga transaksi suap yang dilakukan para pihak yang diamankan itu terkait pengisian jabatan di Kemenag. Tetapi, KPK belum menjelaskan detail jabatan yang dimaksud.

“Pengisian jabatan di Kemenag pusat dan daerah,” kata Febri Diansyah.

Saat ini Rommy masih berada di gedung KPK, Jakarta. Adapun status enam orang yang diamankan, termasuk Rommy, masih sebagai terperiksa. KPK memiliki waktu 1×24 jam sebelum menentukan status hukum Rommy dkk. (nuch/det)