Jokowi
. (foto: detik/Rengga Sancaya)

harianpijar.com, JAKARTA – Presiden sekaligus capres petahana, Joko Widodo (Jokowi) mengamini pernyataan Wapres Jusuf Kalla (JK) yang menyebut kepemilikan lahan Prabowo Subianto seluas 220 ribu hektare di Kalimantan Timur tidak melanggar undang-undang.

“Memang tidak ada masalah. Apa saya pernah bilang masalah? Nggak kok,” kata Jokowi seusai memberikan pembekalan saksi untuk TPS di Èl Hotel Royale, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu, 20 Februari 2019.

Jokowi lantas kembali menjelaskan, dirinya menyinggung lahan Prabowo Subianto dalam debat putaran kedua lantaran capres nomor urut 02 itu menilai pembagian sertifikat tanah tidak bermanfaat.

“Saya itu menyampaikan, ya Pak Prabowo kan menyampaikan bahwa pembagian sertifikat itu tidak bermanfaat karena nanti kan tanah-tanah akan habis. Kan gitu,” terangnya.

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan hanya menyinggung jika Prabowo Subianto yang justru memiliki lahan dengan luas tertentu. Dirinya tak ingin polemik soal lahan itu melebar ke mana-mana.

“Saya hanya menyampaikan kan bahwa ada kepemilikan sejumlah itu. Nggak memasalahkan itu ilegal atau itu nggak. Nggak ada. Jangan ditarik ke mana-mana,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, JK mengungkapkan Prabowo Subianto memang memiliki lahan di Kalimantan Timur. Namun, kata dia, kepemilikan itu sesuai dengan aturan.

“Bahwa Pak Prabowo memang menguasai, tapi sesuai UU. Sesuai aturan, mana yang salah?” ucap JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Februari 2019. (ilfan/det)