Sandiaga-Uno
Sandiaga Uno. (foto: detik/Ari Saputra)

harianpijar.com, JAKARTA – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno tak mempersoalkan dukungan Waketum Partai Berkarya Mayjend (Purn) Muchdi PR kepada Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Dirinya menegaskan parpol koalisinya tetap kompak meski sikap politik Muchdi PR itu berbeda dengan keputusan resmi Partai Berkarya.

“Kebebasan berdemokrasi masing-masing pengurus silakan tapi yang kita lihat bahwa luar biasa soliditas antara Berkarya, Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN. Ini yang menurut saya salah satu karunia juga mereka bersinergi juga dengan para relawan,” ujar Sandiaga Uno di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Februari 2019.

Menurut Sandiaga Uno, dukungan Muchdi PR kepada Jokowi-Ma’ruf Amin tidak akan berpengaruh pada mesin partai. Pihaknya akan tetap kompak mewujudkan visi-misi dan cita-cita Adil Makmur.

“Tidak akan berpengaruh kepada satu gagasan Indonesia Menang, satu visi Indonesia Adil Makmur, pilar swasembada pangan swasembada energi, swasembada air, fokus kita untuk menyediakan lapangan pekerjaaan menggerakkan ekonomi dan memastikan harga-harga stabil tidak akan berpengaruh,” tuturnya.

Sandiaga Uno mengatakan pihaknya tidak bisa memaksa semua orang mendukung Prabowo-Sandi. Dirinya menyebut banyak juga parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin yang mendukung Prabowo-Sandi secara diam-diam. Namun, dirinya tak ingin membeberkan hal itu.

“Memang tidak bisa 100 persen, seperti yang kita lihat juga banyak juga partai pendukung dari Presiden Jokowi dan KH Ma’ruf yang bergabung sama kita, ada juga dan saya tidak ingin membesar-besarkan,” sebutnya.

Sandiaga Uno mengaku enggan dukungan yang berbeda di besar-besarkan. “Karena menurut saya ini akan memecah belah, narasi kita adalah narasi yang mempersatukan, kita ingin fokus daripada pilpres ini mempersatukan tidak saling sikut menyikut,” pungkasnya.

Sebelumnya, Muchdi PR menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma’ruf Amin. Dirinya ikut hadir dalam acara silaturahmi Presiden Jokowi dengan purnawirawan TNI-Polri di Jakarta International Expo Kemayoran, pada Minggu, 10 Februari 2019.

Pada kesempatan yang sama, sebanyak 1.000 perwakilan purnawirawan TNI-Polri juga mendeklarasikan dukungan kepada pasangan nomor urut 01 tersebut. (ilfan/mer)