Ani-Yudhoyono
Ani Yudhoyono tengah dirawat di rumah sakit. (foto: twitter/AndiArief__)

harianpijar.com, JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin berbicara soal Presiden Jokowi yang mengutus tim dokter kepresidenan ke Singapura untuk membantu penanganan medis istri Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono. TKN menegaskan bantuan dokter itu adalah hak Ani Yudhoyono.

“Tidak ada motivasi politis. Itu lebih karena pelaksanaan ketentuan UU bahwa mantan presiden dan keluarganya juga berhak mendapatkan fasilitas dari negara,” ujar Anggota TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Achmad Baidowi kepada awak media, Rabu, 13 Februari 2019.

Jokowi, tambah Achmad Baidowi, juga mempertimbangkan alasan kemanusiaan. Untuk itu, dirinya meminta keputusan Jokowi tak dikaitkan dengan urusan politik praktis.

“Selain itu alasan kemanusiaan juga menjadi pertimbangan. Kami harapkan pihak-pihak tidak menghubungkan persoalan ini secara politis. Karena jika semuanya dikaitkan dengan politik, maka yang muncul asumsi-asumsi liar,” terang Achmad Baidowi.

“Apakah dokter yang dikirim Pak Jokowi mau digunakan? Itu semuanya kembali kepada Pak SBY dan keluarga,” imbuhnya.

Achmad Baidowi juga menyampaikan doa untuk kesembuhan Ani Yudhoyono. Seperti diketahui, Ani Yudhoyono disebutkan SBY menderita kanker darah.

“Kami dari TKN mendoakan semoga Bu Ani Yudhoyono lekas sembuh dan bisa segera beraktivitas seperti biasa,” kata Achmad Baidowi.

Sebelumnya, SBY mengungkap kondisi istrinya, Kristiani Herawati (Ani Yudhoyono), yang saat ini menderita sakit kanker darah. Ketum Partai Demokrat itu memuji Ani Yudhoyono tetap kuat dan tegar.

“Meskipun saya amat mengetahui, Ibu Ani adalah sosok yang kuat, tabah, dan tegar dalam menghadapi tantangan kehidupan, termasuk ketika kami bersatu dalam suka dan duka selama 10 tahun saya mengemban tugas memimpin Indonesia dulu,” ujar SBY melalui video dari Singapura, hari ini.

“Namun, bagaimanapun, saya, Ibu Ani, dan keluarga harus bersatu dalam semangat keyakinan dan kekuatan agar semua ikhtiar untuk penyembuhan Ibu Ani dengan izin pertolongan Allah dapat berhasil dengan baik,” tambahnya. (nuch/det)