Amien-Rais
Amien Rais. (foto: detik/Uje Hartono)

harianpijar.com, SOLO – Politikus senior PAN Amien Rais ikut mendampingi Ketum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma’arif menjalani pemeriksaan kasus dugaan pelanggaran kampanye di Mapolresta Solo, hari ini. Tak hanya Amien Rais, Slamet Ma’arif juga didampingi kuasa hukum dan Tim Pengacara Muslim.

“Saya datang ke sini untuk memberikan dukungan kepada Pak Slamet Ma’arif. Tapi tadi yang di dalam (mendampingi) pemeriksaan lawyer-nya, kalau saya mendampingi,” ujar Amien Rais saat ditemui awak media di Mapolresta Solo, Kamis, 7 Februari 2019.

Amien Rais ingin memberikan dukungan penuh kepada Slamet Ma’arif. Mengingat, dirinya merupakan Ketua Penasihat PA 212.

“Nanti dilihat dulu bagaimana (hasil pemeriksaan). Ini tolong ditulis. Pak Jokowi, Anda ini bagaimana sih maunya?” kata Amien Rais.

Salah seorang kuasa hukum Slamet Ma’arif, Mahendradatta berharap pemeriksaan terhadap kliennya bisa cepat selesai.

“Saya berharap pemeriksaan bisa cepat selesai,” sebutnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Solo Kompol Fadli mengatakan hingga saat ini status Slamet Ma’arif masih sebagai saksi. Untuk selanjutnya akan ditentukan seusai pemeriksaan.

“Masih sebagai saksi dan proses ini sudah sampai penyidikan. Kami tunggu dulu nanti setelah selesai pemeriksaan,” ujar Fadli.

Sedangkan terkait adanya aksi di depan Mapolresta Solo yang dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap Slamet Ma’arif, hal itu tidak akan memengaruhi proses hukum.

“Kami sudah terbiasa dengan seperti ini. Namanya juga demokrasi. Tapi kami tetap akan profesional,” pungkas Fadli.

Selain Slamet Ma’arif, penyidik Polresta Solo juga memeriksa dua saksi lain yang merupakan anggota panitia Tablig Akbar PA 212.

Slamet Ma’arif sendiri terancam dijerat pasal 492 dan 521 Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang melakukan kampanye yang dilarang bagi peserta pemilu dan tim kampanye. (nuch/jpn)