Ace-Hasan-Syadzily
Ace Hasan Syadzily. (foto: detik/Ari Saputra)

harianpijar.com, JAKARTA – Jelang debat perdana yang bakal digelar KPU pada 17 Januari mendatang, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno fokus berdiskusi dengan ahli mempersiapkan konsep. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin memaklumi hal tersebut.

“Wajar, Prabowo-Sandi perlu banyak latihan jawab soal dan diskusi dengan ahli karena pengalaman mereka yang minim dalam tema debat I,” ujar Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily dalam keterangan tertulis, Sabtu, 12 Januari 2019.

Sebagaimana diketahui, tema debat perdana nantinya meliputi topik hukum, HAM, terorisme, dan korupsi. Ace Hasan Syadzily menilai Prabowo Subianto perlu banyak persiapan menjawab isu HAM yang terkait dengan dirinya.

Bahkan, Ace Hasan Syadzily memprediksi Prabowo-Sandi juga bakal kesulitan dalam isu-isu tema debat lainnya.

“Jadi, Prabowo perlu banyak dilatih menjawab isu-isu HAM yang terkait dengan dirinya. Selain itu, kemungkinan besar, Prabowo-Sandi juga kesulitan dalam isu-isu hukum dan regulasi,” ungkapnya.

Ace Hasan Syadzily mengatakan, hal itu berbeda dengan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Dirinya menyebut pengalaman Jokowi yang mumpuni di berbagai level pemerintahan jadi bekal yang cukup untuk menjawab isu dalam debat perdana.

“Jokowi punya pengalaman yang panjang terkait dengan reformasi hukum dan regulasi. Pengalaman menjadi wali kota, gubernur, dan 4 tahun di pemerintahan menjadi bekal yang cukup menjawab isu-isu hukum,” kata Ace Hasan Syadzily.

“Demikian pula dengan Kiai Ma’ruf Amin yang memang terbiasa berdebat dalam forum di kalangan ulama seperti bahtsul masail, yang membahas tentang berbagai persoalan aktual keislaman dalam hukum Islam atau fikih. Beliau memiliki kemampuan ilmu mantik yang sangat mumpuni,” tambahnya.

Ace Hasan Syadzily berharap Prabowo-Sandi bisa cepat belajar. Dirinya juga mendoakan para ahli yang membimbing pasangan nomor urut 02 itu tak frustrasi.

“Jadi, kita anggap saja diskusi dengan ahli itu semacam les bimbingan belajar untuk menjawab soal. Semoga saja ahlinya tidak frustasi,” pungkas Ace Hasan Syadzily.

Sebelumnya, Koordinator Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan jagoannya tak memoles penampilan untuk debat capres-cawapres. Menurutnya, Prabowo-Sandi memilih fokus berdiskusi dengan ahli mengenai tema debat. (ilfan/det)