Maruf-Amin
KH Ma'ruf Amin. (foto: detik/Agung Pambudhy)

harianpijar.com, JAKARTA – Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin menanggapi pernyataan politikus senior PAN Amien Rais yang menyebut revolusi mental Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak jelas. Ma’ruf Amin mengatakan revolusi mental Jokowi tak jelas hanya untuk Amien Rais.

“Tidak jelas kan buat Amien Rais. Kalau buat Pak Jokowi kan jelas. Bagaimana mengubah mentalitas, mengubah persepsi,” kata Ma’ruf Amin di kantor DPD Partai Golkar Depok, Depok, Jawa Barat, Sabtu, 12 Januari 2019.

Sebagaimana diketahui, Amien Rais mengkritik revolusi mental Jokowi saat peluncuran bukunya yang berjudul ‘Hijrah: Selamat Tinggal Revolusi Mental, Selamat Datang Revolusi Moral’. Amien Rais menyebut revolusi mental Jokowi tidak punya kompas paradigma atau penunjuk moral sehingga sangat lemah.

Menurut Ma’ruf Amin, revolusi mental yang digaungkan Jokowi membutuhkan proses. Dirinya mengatakan membangun mental manusia tak semudah membalikkan telapak tangan.

“Bahwa belum semuanya (revolusi mental), itu kan nggak bisa kayak orang membalik tangan begitu. Maka itu ada sebuah proses,” terangnya.

Selain itu, tambah Ma’ruf Amin, apa yang telah dilakukan Jokowi untuk menyatukan bangsa dan negara. Serta mengubah fundamental.

“Bagaimana menyatukan kita di dalam berbangsa, bernegara. Pembangunan budaya bangsa. Mengubah human resources menjadi human capital. Itu kan perubahan-perubahan yang fundamental,” ujar Ma’ruf Amin. (nuch/det)