Mahfud-MD-2
Mahfud MD. (foto: Antara Foto/Sigid Kurniawan)

harianpijar.com, YOGYAKARTA – Pakar hukum tata negara yang juga Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD memberikan sejumlah saran terkait pelaksanaan debat perdana capres-cawapres yang bakal digelar KPU pada 17 Januari mendatang. Lantas, apa saja saran dari Mahfud MD?

“Kalau kepada yang mau berdebat ya harus apa namanya menyiapkan semua jawaban, kan gitu,” kata Mahfud MD seusai acara Sarasehan Kebangsaan di Balai Raos Yogyakarta, Rabu, 9 Januari 2019.

“Kalau kepada moderatornya (debat capres-cawapres) supaya menyiapkan pertanyaan yang bagus, kan gitu,” imbuhnya.

Kemudian, Mahfud MD menyarankan masyarakat untuk menyimak paparan dari kedua pasangan calon. Agar masyarakat bisa menilai kedua pasangan capres-cawapres yang bertarung di Pilpres 2019.

“Kepada masyarakat supaya menyimak apa yang akan disampaikan, dan menilai kelayakannya untuk sebuah jabatan yang bernama jabatan kepresidenan. Itu saja,” terangnya.

Namun, saat ditanya lebih jauh terkait kasus hukum apa yang harus dibahas di dalam debat perdana capres-cawapres, Mahfud MD tak ingin berkomentar.

“Saya mau makan dulu,” jawabnya singkat sembari meninggalkan awak media.

Sebagaimana diketahui, KPU akan menggelar debat perdana capres-cawapres pada tanggal 17 Januari 2019. Debat yang akan digelar di Hotel Bidakara Jakarta itu mengambil tema ‘Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme’. (nuch/det)