Jokowi-Maruf-Amin
Pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

harianpijar.com, JAKARTA – Dewan Pengarah Bravo 5 Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pihaknya melakukan survei internal untuk melihat elektabilitas, isu-isu, dan kekuatan di daerah terhadap pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Dirinya tak menampik bahwa masih ada daerah-daerah lemah atau yang suaranya tak unggul. Salah satunya seperti di daerah Banten.

“Ada beberapa daerah yang masih rawan. Mungkin di Banten. Tapi Jawa Barat, kita margin of error. Yang lainnya kita menang mutlak,” ujar Luhut Binsar Panjaitan seusai memberikan pengarahan dalam Rakernas I Bravo 5, di Hotel Golden Boutique, Jakarta, Sabtu, 8 Desember 2018 malam.

Saat ditanya mengapa suara di Banten turun padahal ada sosok Ma’ruf Amin, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Ma’ruf Amin belum berkampanye di sana.

“Ya belum turun. Tapi nanti, begitu beliau turun, saya kira banyak pengaruhnya,” tegasnya.

Selain itu, Luhut Binsar Panjaitan juga tak ingin menjawab bahwa baru Jokowi saja yang sudah turun dan berkampanye. Dirinya hanya menyebut Ma’ruf Amin belum turun.

“Ya kalau Pak Ma’ruf belum banyak turun. Ya kita harapkan ya,” kata Luhut Binsar Panjaitan.

Sebelumnya, hasil survei dari beberapa lembaga survei menunjukkan suara pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin masih unggul. Namun, cenderung mengalami stagnasi.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir menegaskan hal itu dikarenakan Ma’ruf Amin belum bergerak alias berkampanye.

“Kan Abah (panggilan Ma’ruf Amin-red) belum bergerak, belum kampanye. Kalau nanti Abah kampanye, wuih,” ujar Erick Thohir dalam acara Workshop Nasional TKN-TKD Jokowi-Ma’ruf Amin. (nuch/mer)