Johnny-G-Plate
Johnny G Plate. (foto: dok. fraksinasdem)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai NasDem mengomentari wacana Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang ingin mengadopsi program swasembada pangan era Presiden ke-2 RI Soeharto. Menurut Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate hal itu hanya sebatas membangun impian.

“Slogan-slogan swasembada pangan yang disampaikan paslon sebelah hanya sebatas membangun impian-impian tanpa memberikan langkah dan program konkret,” kata Johnny G Plate kepada awak media, Rabu, 21 November 2018.

Johnny G Plate menilai Prabowo-Sandi hanya sekedar menggembar-gemborkan swasembada pangan. Namun, tak ada langkah konkret untuk mencapai program swasembada pangan yang dimaksud.

“Kami tersenyum mendengar slogan swasembada pangan yang berulang kali disampaikan oleh cawapres Sandiaga Uno tanpa ada langkah konkret, tanpa program konkret bagaimana mencapai swasembada pangan yang dimaksud,” sebutnya.

Berbeda dengan Prabowo-Sandi, Johnny G Plate menyebut Jokowi saat ini tengah dalam upaya menuju swasembada pangan. Program-program yang dilakukan Jokowi saat ini, termasuk pembangunan infrastruktur, juga telah dilakukan untuk mencapai swasembada pangan.

“Rakyat sudah sangat cerdas dan mereka tentu akan membandingkan paslon mana yang omdo (omongan doang) dan mana yang benar-benar kerja nyata,” ujar Johnny G Plate.

Sebelumnya, cawapres Sandiaga Uno memuji swasembada pangan Soeharto di era Orde Baru. Menurut Sandiaga Uno, program itu bisa diadopsi.

“Yang kita maknai sama seperti Sultan Iskandar Muda adalah yang baik-baik. Waktu itu kita memperkenalkan Islam 400 tahun lalu, kita berdagang sampai ke Eropa. Di zamannya Pak Harto, Orde Baru yang kita kenal adalah swasembada pangan, kita tidak perlu impor karena beras, jagung, semua kita bisa hasilkan sendiri,” ujarnya kepada awak media di Banda Aceh, kemarin. (nuch/det)