Rizieq-Shihab
Rizieq Shihab. (foto: dok. metrotvnews)

harianpijar.com, JAKARTA – Lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melakukan survei tentang seberapa besar pengaruh ulama di masyarakat. Mengingat ulama adalah profesi yang berpengaruh terhadap masyarakat dibanding tokoh lainnya seperti politikus, pengusaha, ataupun profesi lainnya.

Peneliti LSI Denny JA Ikrama Masloman menyebut ada lima ulama yang dianggap paling berpengaruh, yakni Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Ustaz Yusuf Mansyur dan Imam Besar FPI Rizieq Shihab.

“Mereka (masyarakat) yang menyatakan mendengar himbauan Ustaz Somad sebesar 30,2 persen. Ustaz Somad adalah ulama yang paling didengar suaranya atau himbauannya dari kelima tokoh tersebut atau paling didengar suaranya dari semua tokoh ulama,” ujarĀ Ikrama Masloman di Kantor LSI, Jakarta Timur, Rabu, 14 Novemver 2018.

Selanjutnya, pengaruh Ustaz Yusuf Mansyur sebesar 24,9 persen, disusul Aa Gym yang memiliki pengaruh sebesar 23,5 persen. Sedangkan Imam Besar FPI Rizieq Shihab berada di posisi ke lima atau peringkat terakhir ulama berpengaruh.

“Mereka (masyarakat) yang menyatakan mendengar himbauan Habib Rizieq sebesar 17 persen,” kata Ikrama Masloman.

LSI Denny JA menyebut ketokohan Rizieq Shihab mulai menurun jika dibandingkan dengan survei yang sama pada dua tahun lalu. Survei LSI Denny JA sebelumnya, pada Desember 2016, menunjukkan masyarakat yang mendengar himbauan Imam Besar FPI Rizieq Shihab sebesar 31,4 persen.

“Sejak ke Arab Saudi dalam waktu yang lama dan dicitrakan berkasus hukum, pengaruh Habib Rizieq Shihab berkurang signifikan,” ungkap Ikrama Masloman.

Sebelumnya, LSI Denny JA melakukan survei tentang seberapa besar pengaruh ulama di masyarakat. Survei itu dilakukan pada periode 10-19 Oktober 2018 terhadap 1.200 responden di 34 Provinsi.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan metode pengambilan sampel secara acak atau multistage random sampling. Margin of error survei 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (ilfan/mer)