AHY
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (foto: dok. Instagram)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menuturkan partainya saat ini tengah fokus memenangkan calon legislatif di daerah masing-masing. Partai Demokrat sudah memetakan dapil potensial untuk meraih suara.

“Kami tetap pada fokus untuk bisa menyukseskan caleg di berbagai dapil, kami sudah punya datanya, dapil-dapil yang potensial misalnya, dapil yang terus bisa kita tingkatkan suaranya, tapi juga ada sejumlah dapil yang perlu kami beri atensi khusus, jangan sampai kursi kami yang sudah ada sebelumnya kemudian hilang,” ujar AHY di sela-sela pembekalan caleg Partai Demokrat di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu, 10 November 2018.

Menurut AHY, bisa saja para calegnya memanfaatkan figur pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk mendapatkan coattail effect saat kampanye. Namun, kata dia, hal itu belum tentu menguntungkan.

Berdasarkan hasil survei, AHY menyebut partai yang mendapat coattail effect karena membawa nama Prabowo-Sandi adalah Partai Gerindra.

“Memang tidak mudah, kita tahu, kita semua membaca survei, partai yang paling diuntungkan dalam kontestasi Pemilu 2019 ini adalah partai yang memiliki capres, dalam hal ini adalah PDIP karena memiliki Pak Jokowi sebagai capres dan kemudian Gerindra sebagai pengusung Pak Prabowo, oleh karena itu tentu realitas ini tidak hanya dihadapi oleh Partai Demokrat tapi juga dihadapi oleh partai lainnya,” terangnya.

AHY menegaskan Partai Demokrat tak mewajibkan ataupun melarang caleg memanfaatkan figur tersebut untuk kampanye. Sebab, tujuan caleg adalah untuk meraih kemenangan.

“Yang jelas caleg tujuannya untuk menang, mendapatkan kursi sebagai wakil rakyat, segala hal strategi dijalankan disesuaikan dengan karakter daerah masing-masing,” kata AHY.

Pada Pileg 2019 mendatang Partai Demokrat menargetkan suara 15 persen di DPR RI. Karena itu, AHY meminta para caleg bekerja keras demi mencapai target tersebut.

“Oleh karena itu kami harus bekerja keras, sungguh-sungguh, serius, caleg-caleg juga harus rajin turun ke lapangan, bertemu masyarakat, kreatif, menyapa semua elemen dan mudah-mudahan target minimal tersebut bisa kami amankan, tapi tentu kami punya ikhtiar lebih lagi agar bisa meraih suara sampai dengan 15 persen,” pungkasnya. (nuch/det)

loading...