Eggi-Sudjana
Eggi Sudjana.

harianpijar.com, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan Imam Besar FPI Rizieq Shihab ditangkap polisi dan intelijen Arab Saudi karena adanya aduan dari warga mengenai pemasangan bendera yang dianggap sebagai bendera ISIS.

Terkait hal itu, kuasa hukum Rizieq Shihab, Eggi Sudjana membantah kliennya terkait dengan organisasi teroris tersebut.

“Saya sebagai lawyer-nya tahu persis karakter Habib. Dia tidak sejalan dan tidak sependapat dengan cara-cara perjuangan ISIS. Apalagi ISIS itu buatan Amerika. Itu fakta,” kata Eggi Sudjana kepada detik, Rabu, 7 November 2018.

Dirinya memastikan anggapan yang menghubungkan Rizieq Shihab dengan ISIS merupakan fitnah. Eggi Sudjana menyebut anggapan itu tidak berdasar.

“Ini kontra intelijen yang dimainkan untuk menjerat Habib. Jadi ini merupakan bagian dari fitnah yang dimainkan,” ungkapnya.

Selain itu, Eggi Sudjana juga mengkiritk Kemlu karena menangani permasalahan yang dihadapi Rizieq Shihab tidak sesuai dengan prosedur.

Kemlu dan KBRI Riyadh sebelumnya menyatakan Rizieq Shihab sempat ditahan dan diperiksa polisi dan intelijen Arab Saudi karena adanya aduan terkait pemasangan bendera mirip bendera ISIS di rumah Rizieq Shihab.

“Ini kritik keras juga untuk Kemlu. Jangan menginformasikan ke masyarakat sesuatu yang sifatnya masih mentah begitu. Justru dia harus melindungi warga negara Indonesia, di manapun warga itu berada,” ujar Eggi Sudjana.

“Jangan malah mengkait-kaitkan terkesan menyudutkan Habib Rizieq. Kan berbahaya muncul opini begitu. Jangan sampai malah membuat jadi kisruh,” tandasnya. (nuch/det)

loading...