Sodik-Mudjahid
Sodik Mudjahid. (foto: dok. mpr)

harianpijar.com, JAKARTA – Hasil survei Alvara Research Center tentang elektabilitas parpol menunjukkan Partai Gerindra masih menempati posisi ke-2 dengan 18,4 persen suara.

Meski belum bisa menyaingi PDIP yang terus bertengger di posisi teratas di survei, partai besutan Prabowo Subianto itu tetap merasa bangga. Bahkan, Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mudjahid menyebutnya sebagai sebuah prestasi.

“Ini adalah sebuah prestasi,” kata Sodik Mudjahid kepada awak media, Selasa, 6 November 2018.

Sebab, menurut Sodik Mudjahid, angaka 18,4 persen itu menunjukkan peningkatan perolehan suara Partai Gerindra dibandingkan pada Pemilu 2014 lalu. Di mana, saat itu partainya hanya meraih 11,81 persen suara.

“Bagi Gerindra sendiri di hampir semua daerah naik posisi dibanding periode lalu,” ungkapnya.

Sodik Mudjahid mengaku tak gentar, meski masih dibawah PDIP. Partai Gerindra, kata dia, akan terus memaksimalkan mesin partai agar pada Pileg nanti dapat memperoleh suara yang lebih dari hasil survei selama ini.

“Masih ada waktu 5 bulan untuk terus meningkatkan angka dan persen ini walau di bawah tekanan petahana yang penguasa,” ujar Sodik Mudjahid.

Alvara Research Center mengukur elektabilitas partai politik di Indonesia menjelang Pilpres 2019. Hasilnya, PDIP, Partai Gerindra, dan Partai Golkar menjadi penghuni tiga besar.

Adapun hasil survei elektabilitas partai politik versi Alvara Research Center adalah sebagai berikut:

PDIP: 29,9 persen
Partai Gerindra: 18,4 persen
Partai Golkar: 9,5 persen
PKB: 7,2 persen
Partai Demokrat: 6,3 persen
Partai NasDem: 3,4 persen
PPP: 2,9 persen
PKS: 2,2 persen
PAN: 1,6 persen
Partai Perindo: 1,3 persen
Partai Hanura: 0,6 persen
PBB: 0,3 persen
PKPI: 0,1 persen
PSI: 0,1 persen
Partai Berkarya: 0,1 persen
Partai Garuda: –

Belum memutuskan: 16,3 persen

. (nuch/det)

loading...