Jusuf-Kalla
Wakil Presiden Jusuf Kalla.

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra yang juga capres nomor urut 02, Prabowo Subianto mengatakan akan menghentikan impor jika dirinya terpilih di Pilpres 2019.

Menanggapi hal itu, Wapres Jusuf Kalla (JK) menyebut di dunia ini butuh ekspor dan impor. Pasalnya, kebutuhan sebuah negara bisa terpenuhi dengan cara tersebut.

“Dunia ini butuh perdagangan ekspor impor. Kita suatu negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri karena itu harus impor. Tapi untuk membayar impor maka dia ekspor. Jadi suatu negara terjadi impor ekspor negara apapun, tidak ada negara yang hanya ekspor melulu,” ujar JK di kantornya, Selasa, 6 November 2018.

JK menegaskan pemerintah sudah berupaya untuk membatasi impor pangan. Namun, pembatasan itu harus mempertimbangkan kondisi, mulai dari cuaca hingga perluasan tanah.

“Tujuannya benar yang dimaksud kebutuhan dasar, beras, jagung. Tapi harus produktivitas lahannya harus dinaikkan, butuh riset,” jelas JK.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengatakan dirinya akan membuat Indonesia berdiri di atas kaki sendiri dan tidak perlu impor apa pun andai terpilih di Pilpres 2019.

Prabowo Subianto juga menyebut dasar tugasnya yang kedua memiliki makna yang luas. Dirinya lalu berbicara soal nama koalisinya, Koalisi Indonesia Adil dan Makmur. Di sinilah mantan Danjen Kopassus itu mulai berbicara soal impor.

“Saya bersaksi di sini, kalau insyaallah saya menerima amanat dari rakyat Indonesia, saya akan bikin Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri! Kita tidak perlu impor apa-apa. Saudara-saudara sekalian, kita harus dan kita mampu swasembada pangan! Mampu!” kata Prabowo Subianto, di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu, 4 November 2018. (ilfan/mer/det)

loading...