ma'ruf-amin
KH Ma'ruf Amin.

harianpijar.com, JAKARTA – Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin menanggapi janji capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyebut Indonesia tak perlu impor jika menang pada Pilpres 2019.

Menurut Ma’ruf Amin, akan sulit bila Indonesia tidak melakukan impor. Pasalnya, masih banyak bahan baku yang belum dimiliki oleh Indonesia.

“Ya saya kira kalau kita masih sulit ya (untuk tidak impor), kita kan masih banyak perlu untuk bahan baku yang masih belum kita (punya),” ujar Ma’ruf Amin di kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 6 November 2018.

Lebih lanjut Ma’ruf Amin mengatakan, kondisi Indonesia saat ini tidak memungkinkan untuk tidak melakukan impor. Namun, kata dia, Indonesia juga tidak boleh berlebihan dalam impor segala hal dari luar negeri.

Sedangkan terkait janji Prabowo Subianto itu, Ma’ruf Amin menyebut dirinya bersama capres petahana Joko Widodo (Jokowi) akan meningkatkan ekspor Indonesia jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden. Terutama, ekspor bahan pangan.

“Ya penguatan kedaulatan pangan, pertaniannya diperkuat, berasnya, kebutuhan pokok lain, jagungnya kalau bisa sampai bisa ekspor,” jelas Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengatakan dirinya akan membuat Indonesia berdiri di atas kaki sendiri dan tidak perlu impor apa pun andai terpilih di Pilpres 2019.

Prabowo Subianto juga menyebut dasar tugasnya yang kedua memiliki makna yang luas. Dirinya lalu berbicara soal nama koalisinya, Koalisi Indonesia Adil dan Makmur. Di sinilah mantan Danjen Kopassus itu mulai berbicara soal impor.

“Saya bersaksi di sini, kalau insyaallah saya menerima amanat dari rakyat Indonesia, saya akan bikin Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri! Kita tidak perlu impor apa-apa. Saudara-saudara sekalian, kita harus dan kita mampu swasembada pangan! Mampu!” kata Prabowo Subianto, di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu, 4 November 2018. (nuch/det)

loading...