Syakir-Purnomo
Syakir Purnomo. (foto: dok. pks)

harianpijar.com, JAKARTA – Polemik panjang soal kursi wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno akhirnya usai. Pasalnya, Partai Gerindra memutuskan untuk menepati kesepakatan awal, yaitu menyerahkan jabatan tersebut ke PKS.

Keputusan itu diambil setelah perwakilan kedua partai bertemu di kantor DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, sore tadi.

“Hasil tadi ya kita menyepakati bahwa kursi itu (Wagub DKI) dimandatkan kepada PKS,” ujar Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo di kantor DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Senin, 5 November 2018.

Menurut Syakir Purnomo, pihaknya akan tetap memajukan Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto sebagai cawagub DKI Jakarta. Namun, sebelum diserahkan, kedua partai sepakat membentuk badan fit and proper test untuk menentukan nama-nama yang sesuai dengan kriteria.

“Kami sepakat untuk membuat satu badan untuk fit and proper test. Nama yang akan disampaikan fit and proper test itu adalah namanya dari PKS. Itu ada dua nama dari PKS, bisa jadi yang di-fit and proper bisa aja lebih dari empat,” jelasnya.

Selain itu, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik juga membenarkan kesepakatan ini. Dirinya mengatakan akan mengamankan keputusan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Gerindra DKI Jakarta akan mengamankan kebijakan Ketua Umum (Gerindra) Pak Prabowo berkaitan dengan pemilihan wakil gubernur DKI,” kata M Taufik. (nuch/jpn)

loading...