Asrul-Sani
Arsul Sani. (foto: net)

harianpijar.com, JAKARTA – Cucu pendiri NU KH Hasyim Asy’ari, Irfan Yusuf Hasyim (Gus Irfan) ditunjuk menjadi juru bicara baru Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menanggapi hal itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin menilai Gus Irfan tidak berpengaruh signifikan merebut kantong suara NU untuk Prabowo-Sandi.

“Kalaupun ada satu-dua orang NU, apalagi yang bukan tokoh yang selama ini dikenal luas di kalangan Nahdliyin, maka pengaruhnya kecil sekali. Artinya sosok seperti (Gus Irfan) tidak akan menggerus suara untuk keuntungan PAS (Prabowo-Sandi),” kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Arsul Sani seperti dikutip dari detik, Jumat, 2 November 2018.

Arsul Sani mengatakan kontestasi Pilpres 2019 bagi kalangan nahdliyin yang dinilainya berbeda dari Pilpres sebelumnya. Kalangan nahdliyin disebut mengerucut memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin, terlebih Ma’ruf Amin juga merupakan salah satu tokoh NU dan pernah menjabat sebagai Rais Aam PBNU.

“Pada Pilpres 2019 yang calon yang merepresentasikan kalangan Nahdliyin hanya satu dan sosoknya adalah pemimpin tertinggi NU. Dalam keadaan demikian, maka kalangan Nahdliyin melihat Pilpres nanti sebagai pertaruhan kehormatan kalangan Nahdliyin, sehingga ada tekad mengerucut untuk memenangkan Kiai Ma’ruf Amin,” ujar Arsul Sani.

Sebelumnya, Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak menilai Gus Irfan sebagai sosok yang sangat paham akan dunia pesantren dan NU.

Gus Irfan diharapkan dapat membantu Prabowo-Sandi menjelaskan program-program ekonomi keumatan kepada masyarakat.

“Beliau paham betul terkait dengan dunia pesantren kemudian Nahdlatul Ulama. Beliau nanti akan cukup banyak membantu menjelaskan kepada publik terkait dengan program-program pengembangan pesantren,” kata Dahnil Anzar Simanjuntak di Media Center BPN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin.

“Termasuk tadi disampaikan Bang Sandi terkait dengan gerakan ekonomi pesantren yang ingin kita dorong secara maksimal,” tambahnya. (nuch/det)

loading...