Novel-Bamukmin
Novel Bamukmin. (foto: Antara)

harianpijar.com, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Indonesia Boni Hargens menilai pernyataan Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bakukmin terkait kecintaan kepada pasangan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan jaminan masuk surga merupakan suatu arogansi yang berlebihan. Bahkan, menurutnya kubu Prabowo-Sandi kekurangan ide untuk melawan pasangan cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

“Iya kan memang untuk melawan Jokowi itu tak bisa dengan cara rasional. Mereka mencoba mengkapitalisasi hal-hal yang sentimentil, isu-isu tradisioanl, politik klasik yang penuh dengan dikotomi identitas, membawa agama dan sebagainya. Di situ saja mereka bermain, menakuti orang kalau pilih Jokowi mayat gak disalat. Saya pikir itu arogansi yang berlebihan,” kata Boni Hargens saat dikonfirmasi seusai diskusi di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Menurut Boni Hargens, momen pemilihan presiden (Pilpres) 2019 seharusnya membangun kemanusiaan dan peradaban yang lebih baik. Namun, melihat isu yang dikembangkan kubu Prabowo-Sandi, justru meluluhlantakan peradaban.

“Kemanusian tidak bisa dibangun dengan arogan. Peradaban tidak bisa dibangun dengan cara seperti itu. Nah, sekarang elu mau ambil kekuasaan dengan cara seperti itu, buat saya, yang akan terjadi bukan membangun peradaban tapi yang ada meluluhlantakkan peradaban,” ujar Boni Hargens.

Lebih lanjut, ditegaskan Boni Hargens, dirinya mengimbau masyarakat agar tidak tertipu dengan oknum yang membawa agama untuk kepentingan politik. Bahkan, dirinya khwatir jika isu-isu sentimentil bernada SARA terus dimainkan maka kehidupan sosial masyarakat Indonesia akan terancam lebih parah.

“Makanya saya bilang, masyarakat jangan tertipu, harus clear mana ulama yang benar dan mana yang bermain poltiik. Ulama yang benar pasti dia bicara yang adem , damai, karena Islam mengajarkan kedamaian,” tegas Boni Hargens.

Seperti diberitakan, juru bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bakukmin mengaitkan kecintaan terhadap pasangan Prabowo-Sandiaga Uno saat mengawali pembacaan doa dalam deklarasi dukungan ‘Perempuan Prabowo’ untuk Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Bahkan, acara tersebut berlangsung di Kantor Sekretariat Nasional Posko Kemenangan Prabowo-Sandiaga Uno, Jalan Hos Cokroaminoto, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Oktober 2018.

“Bu, mau masuk surga? Cinta sama Allah? Cinta sama Rasulullah? Cinta sama Prabowo? Cinta sama Sandiaga Uno? Betul? Takbir!” kata Novel Bakukmin. “Insyaallah masuk surga,” tambahnya. [elz/med]