Fadli-Zon
Fadli Zon. (foto: dok. Istimewa)

harianpijar.com, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Fadli Zon memiliki pertanyaan terkait pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pertemuan IMF-World Bank yang menyebut ekonomi dunia saat ini seperti serial ‘Game of Thrones’.

“Itu Pak Jokowi sudah nonton belum ‘Game of Thrones’,” ujar Fadli Zon di Grand Sahid, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Oktober 2018.

Meski demikian, Fadli Zon tak menjelaskan secara rinci maksud pertanyaannya tersebut. Menurutnya, Jokowi sebaiknya menonton serial ‘Game of Thrones’ terlebih dahulu.

“Mungkin perlu nonton dulu kali,” sebutnya.

Seperti diketahui, dalam pidatonya Jokowi mengingatkan pemimpin dunia bersiap menghadapi ketidakpastian global. Dirinya pun mengutip istilah ‘winter is coming’ dari serial ‘Game of Thrones’.

“Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara yang tengah tumbuh juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar. Dengan banyaknya masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa winter is coming,” kata Jokowi dalam plenary session IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua Hall, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

“Namun akhir-akhir ini, hubungan di antara negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti ‘Game of Thrones’. Balance of power dan aliansi di antara negara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan,” tambahnya. (nuch/det)

loading...