Gianluigi-Buffon
Gianluigi Buffon. (foto: Getty Images)

harianpijar.com – Kiper Paris Saint-Germain (PSG) yang juga legenda hidup Juventus, Gianluigi Buffon belum mau memasang batasan akhir untuk memutuskan pensiun sebagai pemain.

Dirinya sempat diprediksi akan gantung sarung tangan saat kontraknya di Juventus berakhir pada musim panas kemarin, di mana usianya juga sudah menginjak 40 tahun.

Namun, ternyata, Gianluigi Buffon menutuskan untuk terus bermain dalam kompetisi di musim 2018/19 dan bergabung dengan raksasa Ligue 1 Prancis, PSG.

“Saya sudah belajar dalam beberapa tahun terakhir bahwa akan menjadi sebuah kesalahan apabila memasang batasan,” kata¬†Gianluigi Buffon kepada L’Equipe.

“Saat berusia 32 tahun saya merasa masih bisa bermain hingga 35. Setelah itu, keadaan mendikte saya untuk terus bermain. Lalu saya katakan pada diri sendiri: ‘Saya akan berhenti pada usia 38 tahun’. Saat menginjak 38 saya berkata: ‘Saya akan berhenti pada 40 tahun.'”

“Hidup telah membawa saya dan itulah mengapa saya masih di sini sekarang ini, saya bisa berhenti dalam enam bulan, setahun atau 10 tahun dan saya tak ingin bertanya, saya tak ingin tahu.”

“Saya yakin emosi dan kehidupan yang telah saya miliki, bahkan di ruang ganti, bukanlah sesuatu yang bisa saya temukan di tempat lain. Saya tak yakin ada pemain normal akan bisa menjalani hidup yang saya miliki ini.”

“Anda harus menerima bahwa hidup memiliki beberapa fase dan Anda tak boleh terkejut. Jadi, saya tahu bahwa suatu hari ini akan terjadi dan saya tak akan terkejut. Tapi saya juga tahu bahwa segalanya nanti akan seluruhnya berbeda,” tandasnya. (fazari/goa)