sandiaga-bertemu-jokowi-nonton-asian-games
Cawapres dengan nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno.

harianpijar.com, JAKARTA – Sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di pemilihan presiden (Pilpres) 2019, Sandiaga Uno menilai pengamanan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berjumlah 37 personel yang dikerahkan Mabes Polri jumlahnya terlalu banyak.

“Pak Prabowo dan saya merasakan pengamanan pengawalan dengan 37 anggota ini terlalu masif,” kata Sandiaga Uno, Minggu, 23 September 2018.

Menurut Sandiaga Uno, personel yang melekat mengawalnya terlalu banyak. Bahkan, pihaknya juga telah menyampaikan secara langsung ke Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian saat deklarasi Kampanye Damai yang digelar di Silang Monas.

Selain itu, dengan banyaknya jumlah polisi yang mengawal, membuat anggaran negara semakin terbebani.

“Sekarang kita dalam keadaan yang kurang baik ekonomi, anggaran pemerintah sangat cekak. Ya, kenapa nggak sih kita kurangin saja gitu sama-sama. Kalau Pak Presiden kan sudah ada pengawalannya sendiri. Mari kita gunakan kesempatan ini. Nah Pak Tito bilang menyesuaikan saja,” ujar Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, ditegaskan Sandiaga Uno, dirinya bersama calon presiden Prabowo Subianto sedang mengkaji jumlah personel yang akan mengawal mereka.

“Jadi saya lagi me-review sekarang bersama Pak Prabowo berapa jumlah yang menurut kami diperlukan dan tidak membebani anggaran negara,” tegas Sandiaga Uno.

Selanjutnya, Sandiaga Uno juga menjelaskan, untuk aktivitas atau kampanye di luar Jakarta, pengamanan melekat sedikitnya berjumlah 6 sampai 7 personel.

“Kalau di dalam kota, mungkin bisa 9 kalau di Jakarta ya,” jelas Sandiaga Uno.

Sementara diketahui, sedikitnya ada 452 petugas kepolisian yang telah menjalani seleksi selama dua bulan dimana tiap pasangan calon akan melekat 37 orang petugas terdiri dari pengawal pribadi hingga pengawalan lalu lintas yang melekat 1×24 jam.

Sedangkan, untuk kegiatan diluar wilayah Jabodetabek, setiap Polda siap melaksanakan kegiatan pengamanan mulai dari penjemputan sampai di lokasi kegiatan. [elz/rmo]