Airlangga-Hartarto-1
Airlangga Hartarto. (foto: detik/Tsarina Maharani)

harianpijar.com, JAKARTA – Dalam inspeksi mendadak (sidak) Ombudsman menemukan sel yang ditempati Setya Novanto lebih mewah dari kamar narapidana lainnya. Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meminta untuk tidak didramatisasi.

“Saya pikir kita tentu harus menghargai hasil keputusan dan juga menghargai mereka yang sedang menjalani prosedur,” kata Airlangga Hartarto seusai menutup workshop kampanye dan bimbingan teknis Partai Golkar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu, 15 September 2018.

Airlangga Hartarto enggan berkomentar lebih jauh soal sel Setya Novanto yang mewah, apalagi dibandingkan dengan sel milik narapidana lainnya di lapas tersebut.

“Jadi kita nggak perlu dramatisasi,” ujar Airlangga Hartarto.

Di sisi lain, Ketua DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyerahkan urusan sel mewah Setya Novanto kepada Kemenkumham.

Dirinya menyebut Ombudsman bisa melaporkan apa yang ditemui di sel mewah Setya Novanto. Termasuk jika ditemukan dugaan pelanggaran SOP sel Setya Novanto tidak dikunci.

“Itu kan kemarin jadi isu kemudian semua pihak Menkumham segera melakukan penyelidikan dan menegakkan keadilan, kita serahkan ke Menkumham,” ujar Ahmad Doli Kurnia di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, hari ini.

“Makanya, saya kira tanya saja Ombudsman kalau itu sekiranya melanggar aturan, laporkan saja ke pihak-pihak yang berwenang,” tambahnya.

Seperti diketahui, sel mewah Setya Novanto ditemukan dari sidak Ombudsman yang dipimpin anggota Ombudsman Ninik Rahayu, pada Kamis, 13 September 2018 malam. Ninik Rahayu didampingi kepala perwakilan dan 11 asisten dari Ombudsman.

“Ada kamar yang lebih luas. Itu dihuni oleh Pak Setya Novanto, memang lebih luas, pokoknya dua kali lipat,” kata Ninik Rahayu di kantor Kemenkumham Kanwil Jawa Barat, Kota Bandung, kemarin. (nuch/det)

loading...