Fahri-Hamzah-2
Fahri Hamzah. (foto: dok. Kedaipena)

harianpijar.com, JAKARTA – Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lapas Sukamiskin dan menemukan masih adanya sel mewah termasuk milik Setya Novanto. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengusulkan perlu ada kamar asmara untuk narapidana di dalam lapas.

Fahri Hamzah menyampaikan usul itu karena dirinya belum lama ini juga meninjau Lapas Sukamiskin, setelah adanya kasus jual beli fasilitas di lapas tersebut.

Meski demikian, bukan sel mewah yang kemudian disoroti Fahri Hamzah, melainkan kebutuhan narapidana akan kamar asmara.

“Itu sudah menjadi catatan temuan yang lalu. Kayaknya pada perlu kamar asmara,” kata Fahri Hamzah kepada detik, Sabtu, 15 September 2018.

Bahkan, saat disinggung soal sel Setya Novanto yang lebih luas, Fahri Hamzah kembali menyinggung soal kamar asmara. Dirinya mengatakan akan memanggil Ombudsman untuk meminta penjelasan lebih jauh terkait hasil temuan sidak.

“Itu mungkin penyebab ada kamar yang lebih besar. Kamar asmara itu HAM. Itulah yang kita mau dengar temuan Ombudsman biar jelas,” ujar Fahri Hamzah.

Dirinya tak banyak mengomentari soal sel mewah Setya Novanto yang merupakan mantan Ketua DPR itu. Fahri Hamzah justru meyinggung KPK yang menjadi alasan adanya keistimewaan bagi orang-orang tertentu di lapas.

“Saya lihat di Sukamiskin itu kalau orang yang suka mondar-mandir ke KPK biasanya mereka punya keistimewaan,” sebutnya.

kloset-sel-novanto
Kloset duduk di sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin, Bandung. (foto: dok. Ombudsman)

Seperti diketahui, dalam sidaknya, Ombudsman mendapati sel Setya Novanto berukuran lebih besar dari kamar narapidana lainnya. dari foto yang beredar, kamar Setya Novanto tampak luas.

Ada meja dan rak buku di kamar tersebut. Terdapat ranjang kasur besar, lengkap dengan seprai dan selimut mewah. Selain itu, ada exhaust fan dan kloset duduk di kamar mandinya. (nuch/det)

loading...