Amir-Syamsuddin
Amir Syamsuddin. (foto: IDN Times/Fitang Budhi Adhitya)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin memberikan apresiasi terhadap langkah Roy Suryo yang memilih nonaktif dari jabatannya sebagai Waketum Partai Demokrat.

Menurut Amir Syamsuddin, langkah Roy Suryo itu tepat agar Partai Demokrat tidak dikaitkan dalam masalah pribadinya yang disebut-sebut belum mengembalikan ribuan barang milik negara.

“Langkah dia nonaktif itu saya rasa cukup bagus agar dia betul-betul menghadapi masalah ini secara pribadi, tidak membawa atribut jabatannya di partai sehingga tak menyeret-nyeret partai,” ujar Amir Syamsuddin kepada awak media, Sabtu, 15 September 2018.

Lebih lanjut Amir Syamsuddin mengatakan, permasalahan Roy Suryo ini memang bisa merugikan Partai Demokrat. Sebelumnya, Roy Suryo juga sudah dipanggil oleh Komisi Pengawas Partai Demokrat.

Kepada Komisi Pengawas, Roy Suryo membantah telah membawa pulang aset Kemenpora saat dirinya menjabat sebagai Menpora pada 2013 lalu. Hingga kini Komisi Pengawas masih terus mengamati masalah ini dan belum memberikan sanksi terhadap Roy Suryo.

“Walaupun masalah ini merugikan partai, tapi alasan itu tak boleh membuat kita berlaku sewenang-wenang,” ucap Amir Syamsuddin.

Selain itu, Amir Syamsuddin juga mengapresiasi sikap Roy Suryo yang sudah menunjuk kuasa hukum dan bermediasi dengan Kemenpora terkait penyelesaian masalah tersebut.

Dirinya berharap, dengan memilih nonaktif dari Partai Demokrat, Roy Suryo bisa lebih fokus untuk menyelesaikan masalah yang membelitnya.

“Tentunya diperlukan waktu oleh dia dan kami mengikuti dengan seksama,” ujar Amir Syamsuddin.

Sebelumnya, Roy Suryo memohon nonaktif dari jabatannya sebagai Waketum DPP Partai Demokrat. Permohonan itu ditujukan kepada Partai Demokrat melalui surat resmi tertanggal 12 September 2018 yang ditandatangani Roy Suryo di atas materai. (nuch/tri)

loading...