erick-thohir
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin, Erick Thohir.

harianpijar.com, JAKARTA – Ditunjuknya Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) Jokowi-Ma’ruf Amin di pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang, dinilai menjadikan pertarungan yang semakin menarik.

Menurut pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing, ditunjuknya Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) menjadikan pertarungan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 semakin menarik.

“Ini menjadi menarik, kompetisi pilpres,” kata Emrus Sihombing saat dikonfirmasi media, Jumat, 7 September 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan Emrus Sihombing, Erick Thohir adalah sosok pengusaha muda, selain memiliki media dan klub olahraga dirinya juga sukses mengawal penyelenggaraan Asian Games 2018 sebagai ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC). Bahkan, Erick Thohir juga dikenal sebagai sahabat dekat Sandiaga Uno yang merupakan pasangan bakal calon presiden Prabowo Subianto.

Namun, tentu tidak sekedar sosok dalam menggaet kaum milenial yang jumlahnya mencapai 80 juta. Karena, generasi milenial adalah orang-orang yang kreatif dan rasional.

“Justru penentunya adalah ketika kedua paslon menawarkan program yang memenuhi kaum milenial itu,” tegas Emrus Sihombing.

Selanjutnya, Emrus Sihombing juga menjelaskan, dirinya juga menganggap program yang ditawarkan pada kaum milenial menjadi variabel utama dibanding penampilan sosok. Selain itu, juga program untuk kelompok emak-emak dan profesional.

Bahkan, menurutnya di atas kertas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi-Ma’ruf Amin lebih unggul, namun dinamika politik selalu cair. Apalagi, belum ada prediksi seberapa sukses tim pemenangan masing-masing akan mampu menarik minat masyarakat.

“Saya melihat kedua paslon ini menunjukkan cermin pluralisme,” jelas Emrus Sihombing.

Sementara, Emrus Sihombing juga mengatakan, dirinya menilai Erick Thohir diterima di kedua belah pihak.

“Erick Thohir diterima, bahkan di ‘kawan bersaing’ kubu Prabowo-Sandi (Prabowo Subianto-Sandiaga Uno),” ujar Emrus Sihombing.

Sedangkan berdasarkan catatannya, Erick Thohir bersahabat baik dengan calon wakil presiden Sandiaga Uno sebagai pendamping Prabowo Subianto di pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Namun, sebagai sesama pengusaha dirinya menantikan pertarungan sehat antarsahabat itu.

Sementara sebelumnya, bakal calon presiden (Capres) petahana Joko Widodo (Jokowi) akhirnya secara resmi mengumumkan ketua tim kampanye nasional (TKN). Bahkan, sosok yang selama ini dirahasiakan tersebut adalah pengusaha muda Erick Thohir.

“Ketua Tim Kampanye Nasional adalah Bapak Erick Thohir,” kata Joko Widodo (Jokowi) di Posko Cemara, Jakarta, Jumat, 7 September 2018 sore.

Menurut Joko Widodo (Jokowi), Erick Thohir merupakan sosok pemimpin yang selama ini terbukti kemampuannya. Bahkan, dirinya yang menjadi ketua Inasgoc dan ajang Asian Games 2018 beberapa hari lalu berhasil menuai banyak pujian, baik dari nasional maupun internasional. [elz/rep]

loading...