jokowi-ma'ruf
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin.

harianpijar.com, JAKARTA – Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA  Adjie Alfaraby mengatakan duet Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno belum dapat mengungguli pasangan calon presiden (capres) petahana Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin.

Hal tersebut menurut hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang menggelar jajak pendapat tentang elektabilitas dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan bersaing di pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Menurut Adjie Alfaraby, elektabilitas pasangan Jokowi- Ma’ruf Amin pasca-pendaftaran capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah di angka 52,2 persen.

“Elektabilitas ini hampir menyamai perolehan suara Jokowi pada Pilpres 2014 yaitu 53,15 persen,” kata Adjie Alfaraby di kantor LSI Denny JA, di Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa, 21 Agustus 2018.

Sementara, juga dijelaskan Adjie Alfaraby, elektabilitas Prabowo-Sandiaga Uno berdasar temuan LSI di angka 29,5 persen. Karena itu, dengan demikian masih ada selisih elektabilitas hingga dua digit antara Jokowi-Ma’ruf Amin dengan Prabowo-Sandiaga Uno.

Selain itu, masih ada responden yang belum menentukan pilihannya atau undecided voters.

“Mereka yang belum menentukan pilihan sebesar 18,3 persen,” jelas Adjie Alfaraby.

Kemudian, LSI dalam surveinya juga menguji elektabilitas KH Ma’ruf Amin dengan Sandiaga Uno dan hasilnya, elektabilitas Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu di angka 43,7 persen, sedangkan Sandiaga Uno di angka 30,7 persen. ‎

Selain itu, undecided voters dalam head to head antara KH Ma’ruf Amin dengan Sandiaga Uno mencapai 23 persen. Sandi justru unggul dari pemilih berlatar belakang nonmuslim.

Ada 36,6 persen responden nonmuslim yang memilih Sandiaga Uno. Sedangkan elektabilitas KH Ma’ruf Amin di kalangan responden nonmuslim di angka 34,7 persen.

Selanjutnya di segmen pendidikan, KH Ma’ruf Amin unggul dari Sandiaga Uno, di pemilih berpendidikan rendah hingga menengah. Untuk responden berpendidikan sekolah dasar (SD), KH Ma’ruf Amin unggul sebesar 45,9 persen. [elz/jpn]

loading...