Andre-Rosiade
Andre Rosiade.

harianpijar.com, JAKARTA – Mundurnya mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dari daftar calon legislatif (Caleg) DPR RI 2019-2024 memunculkan spekulasi terkait posisi wakil gubernur DKI Jakarta yang kosong usai ditinggal Sandiaga Uno memutuskan mundur karena ikut pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Menurut anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade, penunjukan wagub DKI pengganti Sandiaga Uno diputuskan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selaku pengusung di Pilgub DKI 2017. Karena itu, akan ada diskusi antarpimpinan dua partai politik (Parpol) tersebut dalam waktu dekat.

“Kan sekarang masih masa idah, tidak etis. SK Keppres pemberhentian Bang Sandi kan belum keluar dari presiden. Mari tunggu masa idah selesai baru kita selesaikan bersama-sama dengan PKS. Insyaallah akan ada diskusi dari PKS dan Gerindra untuk menentukan cawagub yang akan mendampingi Mas Anies,” kata Andre Rosiade saat dikonfirmasi, Minggu, 12 Agustus 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan Andre Rosiade, diskusi antara PKS dan Gerindra tentunya juga akan diikuti Anies Baswedan selaku gubernur DKI Jakarta. Karena, masukan Anies Baswedan akan sangat penting nantinya.

Sementara, Partai Gerindra juga punya kader yang mumpuni untuk mengisi jabatan wagub DKI yakni M Taufik, ketua DPD Gerindra DKI Jakarta. Saat ini, M Taufik duduk sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta.

“Kalau dari Gerindra, kader yang kita gadang-gadangkan Bang M Taufik. Di PKS, kita dengar ustaz Mardani. Akan ada musyawarah, kita kan sekutu segajah. Insyaallah kita akan putuskan bersama-sama dan mendengar masukan Mas Anies,” tegas Andre Rosiade.

Selain itu diketahui, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera yang merupakan Ketua Timses Anies-Sandi pada Pilgub DKI Jakarta 2017 jadi salah satu kandidat. Karena itu, mundurnya Ahmad Heryawan (Aher) dari proses pencalegan DPR RI karena mendapat tugas khusus memicu spekulasi kalau gubernur demisioner Jawa Barat itu akan mengisi posisi tersebut.

“Belum (dengar) dan mungkin saja,” kata Mardani Ali Sera saat dikonfirmasi, soal isu Aher disiapkan jadi wagub DKI Jakarta, Minggu 12 Agustus 2018. [elz/det].

loading...