Ahok-1
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (foto: instagram/basukibtp)

harianpijar.com, JAKARTA – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo – Ma’ruf Amin pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Selain itu, pernyataan dukungan tersebut disampaikannya melalui surat yang ditujukannya ke Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dirinya mendapat surat langsung dari mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang berisi pernyataan dukungan tersebut.

“Kemarin Ahok tulis surat ke saya. Dia bilang, saya senang, Pak (dengan pilihan Jokowi),” kata Luhut Binsar Panjaitan saat menghadiri deklarasi Cakra 19, di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu, 12 Agustus 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan Luhut Binsar Panjaitan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bahkan berniat ikut membantu agar pasangan tersebut menang.

“Kalau saya keluar dari penjara saya ingin ikut kampanye,” kata Luhut Binsar Panjaitan menirukan ucapan Ahok.

Selanjutnya, Luhut Binsar Panjaitan juga menjelaskan, pendiri Teman Ahok pun turut mendukung Jokowi-Maruf. Bahkan, pendiri organisasi tersebut, Singgih Widiyastono dan Amalia Ayuningtyas, sudah menyatakan dukungannya terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin.

Bahkan, menurutnya dukungan mantan orang nomor satu di DKI Jakarta itu menunjukkan tak ada kemarahan dirinya terhadap Ma’ruf Amin.

Sementara diketahui, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin, pernah mengeluarkan fatwa yang menyatakan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menistakan Al-Quran dan ulama dengan merujuk kepada pidatonya di Kepulauan Seribu yang menyitir Surat Al-Maidah.

Kemudian, Fatwa dari Ma’ruf Amin ini digunakan oleh kelompok lain untuk menyeret Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke pengadilan. Hingga saat ini Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih menjalani hukuman di Rumah Tahanan Salemba cabang Mako Brimob dan dirinya divonis dua tahun penjara. [elz/tem].

loading...