UMKM di Bantul dengan Konsep yang Unik

UST
Pemilik White Rose Bakery & Cake Sekar Jingga Citranuari dan mahasiswa UST Syahma Rose Fattikah. (foto: dok. pribadi)

YOGYAKARTA – Kali ini saya mencoba menelusuri salah satu usaha yang berada di Bantul, Yogyakarta pada Minggu, 11 September 2022, sekitar pukul 13.00 WIB. Adapun nama usaha yang dikunjungi ialah “White Rose Bakery & Cake”.

Awalnya, saya kira hanya terdapat berbagai macam kue saja karena dari nama usahanya bakery & cake. Tapi ternyata ada berbagai menu pilihan lainnya yang tidak hanya dari roti saja seperti chicken katsu, ayam geprek dan sebagainya.

Dan ada yang unik di sini selain untuk tempat makan, ada tempat untuk berbelanja seperti baju, tas bahkan ada hewan seperti ayam, kelinci untuk menambah daya tarik resto.

Baca juga:   Mahasiswa UMB Lakukan Pendampingan ke UMKM untuk Tingkatkan Penjualan

Kebetulan saya bisa bertemu dengan owner White Rose dan meminta ijin untuk melakukan observasi pada UMKM tersebut. Walaupun sedang sibuk namun pemilik usaha tersebut bersedia meluangkan waktunya dan melayani dengan senang hati.

UMKM tersebut mempunyai daya tarik yang beda dari usaha yang lain. Sehingga banyak peminat dari semua kalangan seperti ibu-ibu, bapak-bapak, anak muda, bahkan anak kecil.

“Usaha saya ini dulunya memang dari coba-coba membuat kue, tapi ternyata laku, semakin maju. Kemudian yang semula di rumah akhirnya saya buka usaha dengan menyewa tempat, ga mungkin kalau saya cuma menyajikan kue akhirnya kita tambah menu lainnya,” kata Sekar Jingga Citranuari.

Baca juga:   Mahasiswa USM Gelar Workshop Digital Marketing dan Pelatihan Foto Produk kepada UMKM

“Selain itu kita tambah nih konsep resto supaya berbeda dengan resto pada umumnya yang hanya makan pulang. Nah, di sini selain menyajikan hidangan kita juga menambahkan tempat berbelanja dan melihat hewan, jadi selain tempat makan pelanggan bisa untuk memilih barang, anak-anak bisa melihat hewan-hewan,” imbuhnya.

Usaha tersebut tidak hanya melayani makan ditempat saja atau offline, namun juga dengan pelayanan online.

Syahma Rose Fattikah, Mahasiswa Prodi Manajemen Semester 3 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta.

Ignatus Soni Kurniawan, SE, M.Sc, dosen Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen UST Yogyakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini