Teuku-Taufiquladi
Teuku Taufiquladi. (foto: kompas/Nabilla Tashandra)

harianpijar.com, JAKARTA – Sosok KH Ma’ruf Amin sebagai cawapres Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 dinilai akan sulit diterima kaum milenial. Menurut politikus Partai NasDem Teuku Taufiquladi yang utama dalam kontestasi pilpres adalah presidennya.

“(Kaum milenial) Kami akan simbolkan dengan presiden. Jadi bukan semua persoalan lantas akan selesai dengan wakil presiden,” ujar Teuku Taufiquladi dalam diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 11 Agustus 2018.

“Persoalan yang tidak mampu sepenuhnya di-cover oleh presiden, maka akan ada pada wakilnya,” tambahnya.

Lebih lanjut Teuku Taufiquladi menuturkan, Jokowi sebagai representasi kaum milenial karena tergolong muda dan memiliki fisik yang sehat. Dirinya juga tak mempersoalkan sosok Ma’ruf Amin. Menurutnya, Ma’ruf Amin bisa melengkapi sosok Jokowi.

“Tetapi harus ingat bahwa Presiden Jokowi adalah presiden yang masih muda, dengan badan yang atletis, dan sehat. Bisa berjalan naik gunung tanpa berhenti sampai 20 kilometer, itu adalah kelebihannya. Jadi kalau ada kekurangan sedikit pada wakilnya tidak ada masalah,” jelasnya.

Teuku Taufiquladi pun membandingkan kemampuan fisik Jokowi dengan presiden yang disebutnya dari pihak lain.

“Karena di pihak lain juga gitu, presidennya kan tidak mampu berjalan walaupun hanya setengah kilometer. Jadi dia perlu pasangan yang bisa berlari,” katanya.

Menurut Teuku Taufiquladi, dalam pemerintahan sosok yang terpenting adalah presiden.

“Yang paling penting di Indonesia adalah presidennya, bukan wakilnya. Walaupun ada gagasan yang luar biasa dari wapres, tapi kalau terlalu lari kencang itu juga bukan berarti akan harmonis berjalan pasangan tersebut,” ujar Teuku Taufiquladi.

“Jadi yang paling penting itu pasangan ini bisa beriringan dan selalu harmonis,” pungkasnya. (ilfan/det)