Sandiaga-Uno
Sandiaga Uno. (foto: dok. sindonews)

harianpijar.com, JAKARTA – Hingga pagi ini, tiga nama diketahui telah mengajukan surat keterangan tidak pailit ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Surat itu sebagai syarat capres dan cawapres. Tiga nama tersebut adalah Joko Widodo (Jokowi), Prabowo Subianto, dan Sandiaga Uno.

Humas PN Jakarta Pusat Jamaludin Samosir menyebut, ketiganya sudah mengirimkan permohonan. Namun, dirinya mengaku tidak terlalu memperhatikan kapan permohonan tersebut diajukan.

“Yang mengajukan keterangan tidak pailit itu Pak Jokowi, Pak Prabowo sama pak Sandiaga. Itu syarat pendaftaran KPU (Komisi Pemilihan Umum) wajib,” kata Jamaludin Samosir saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis, 9 Agustus 2018.

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, syarat itu memang harus diajukan sebagai syarat capres, cawapres, maupun anggota legislatif. menurutnya pembuatan syarat itu juga bisa diwakilkan, tidak harus calon peserta pemilu yang hadir di PN Jakarta Pusat.

Jamaludin Samosir juga menjelaskan pendaftaran para capres dan cawapres yang hadir, seperti Jokowi, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno diwakilkan. “Kelihatannya diwakilkan,” ujarnya.

Saat ditanya soal kehadiran Mahfud MD, hingga pukul 11.30 WIB, dirinya mengatakan Mahfud MD belum hadir. “Belum. Baru tiga,” tutur Jamaludin Samosir.

Seperti diketahui, Sandiaga Uno telah mengajukan surat keterangan (SK) tidak pailit ke PN Jakarta Pusat pada Kamis, 9 Agustus 2018. Hal tersebut dibenarkan pihak humas PN Jakarta Pusat.

“Ya benar. Lupa saya kapan jamnya tapi hari ini sudah ajukan dia,” pungkas Jalamudin Samosir. (ilfan/rep)